Atasi Corona, AS Kirim Alat Medis ke Italia, Prancis, Spanyol

CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 23:40 WIB
Presiden Donald Trump menyampaikan AS akan mengirimkan bantuan peralatan medis ke Italia, Prancis, dan Spanyol untuk menangani virus corona. Presiden AS Donald Trump mengatakan akan mengirim bantuan medis ke Italia, Prancis, dan Spanyol untuk menangani corona. (Foto: Brendan Smialowski / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump mengatakan Amerika Serikat akan mengirimkan bantuan peralatan medis ke Italia, Prancis, dan Spanyol untuk memerangi penyebaran virus corona.

Trump secara spesifik mengatakan peralatan medis yang akan dikirim ke tiga negara tersebut. Sebagian besar peralatan medis akan dikirim lebih dahulu ke Italia yang memiliki angka kematian tertinggi di dunia.

"Kami akan mengirimkan sejumlah peralatan medis termasuk keperluan bedah dan medis untuk kebutuhan rumah sakit di Italia yang nilainya sekitar US$100 juta," ujar Trump disela press briefing di Gedung Putih, Senin (30/3) seperti mengutip AFP.


Trump mengatakan sebelumnya ia telah melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte terkait bantuan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Trump mengungkapkan komitmen AS untuk bekerja sama dengan Italia dan negara sekutu lainnya untuk menghentikan penyebaran virus corona.

[Gambas:Video CNN]

"Kami juga mengirimkan peralatan lain yang tidak kami butuhkan ke bagian lain," ujarnya menambahkan.

Trump selama ini menuai kritik karena sejak awal dianggap lamban menangani penyebaran Covid-19. AS kini menjadi negara dengan kasus penyebaran virus corona terbesar di seluruh dunia, melampaui Italia dan China.

Sikap lamban Trump membuat sistem kesehatan dan rumah sakit di New York dan negara bagian lain tidak siap ketika ada lonjakan jumlah pasien Covid-19.

Petugas medis di Amerika Serikat mengeluhkan kekurangan pasokan peralatan dasar seperti masker, respirator, hingga ventilator.

Walikota New York lebih dari sepekan lalu sempat mengeluhkan kehabisan peralatan pening termasuk ventilator untuk menangani pasien Covid-19.

Atasi Corona, AS Kirim Alat Medis ke Italia, Prancis, SpanyolFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
(AFP/evn)