Bentrokan Antar Geng di Meksiko, 19 Orang Tewas

CNN Indonesia | Minggu, 05/04/2020 11:13 WIB
Bentrokan Antar Geng di Meksiko, 19 Orang Tewas Ilustrasi bentrokan. (iStockphoto/erlucho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah bentrokan antar geng di Meksiko terjadi pada Sabtu (4/4) di provinsi sebelah utara negara tersebut, Chihuahua, dan menewaskan setidaknya 19 orang.

Pemerintah setempat menyebut setidaknya lima bentrokan bersenjata telah terjadi di masyarakat kota Madera yang terletak di provinsi tersebut dalam tahun ini.

"Jaksa Agung negara bagian, bersama dengan kantor keselamatan publik dan Tentara Meksiko, melancarkan operasi untuk menyelidiki dan menemukan kelompok-kelompok bersenjata yang melakukan konfrontasi yang menewaskan 19 orang kemarin di kotamadya Madera," kata pernyataan pejabat setempat.



Menurut laporan awal, bentrokan itu terjadi pada Jumat (3/4) malam ketika sejumlah orang yang diduga pembunuh bayaran dari kelompok Gente Nueva, bagian dari Kartel Sinaloa, sedang mengemudi di Madera.

Di sana, mereka disergap oleh sejumlah pria dari kelompok lawan, La Linea yang merupakan bagian dari Kartel Juarez.

Pihak berwenang menyatakan telah menyita 18 senjata api laras panjang, satu laras pendek, dua kendaraan, dan dua granat di lokasi bentrokan.

Pemerintah Meksiko menuduh kartel La Linea atas pembantaian sembilan anggota kelompok Mormon Meksiko-Amerika pada November lalu ketika mereka tengah bepergian di jalanan desa antara negara bagian Sonora dan Chihuahua, yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat. (AFP/end)