KILAS INTERNASIONAL

Venezuela Ancam AS hingga Prabowo Bertemu Menhan China

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 26/06/2020 06:33 WIB
Thumbnail Video Kapal Perang AS Masuk Wilayah China Selatan Kapal perang AS. (Foto: Reuters/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia --

Venezuela menuduh Amerika Serikat sedang melancarkan aksi provokasi dengan mengirim kapal perang ke wilayah perairan mereka hingga Prabowo bertemu dengan menhan China dalam perayaan Victory day di Rusia mengisi kilas internasional, Jumat (26/6).

Venezuela Ancam Respons MIliter Keberadaan Kapal Perang AS

Venezuela menuduh Amerika Serikat (AS) sedang melancarkan 'aksi provokasi' dengan mengirim kapal perang ke wilayah perairan mereka.


Kapal perang USS Nitze (DDG 94) berlayar di Laut Karibia lalu masuk ke area yang diklaim Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Menurut pernyataan Angkatan Laut AS operasi itu dilakukan di perairan internasional.

"Kapal perusak angkatan laut AS mendekat dalam jarak 30 mil dari pantai, ini jelas tindakan provokasi. Itu tidak bisa dijelaskan sebaliknya ... itu jelas tindakan menantang," kata Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino dilansir dari AFP, Rabu (25/6).

Padrino juga mengancam akan mengerahkan tentara bersenjata jika kapal perang itu membawa 'misi militer'.

"Itu akan menerima respons kuat dari angkatan bersenjata kita," kata Padrino.

Insiden Pesawat Pakistan Jatuh karena Pilot Sibuk Bahas Covid

Penyebab kecelakaan pesawat Pakistan terungkap, pilot membahas pandemi virus corona sehingga tidak fokus saat melakukan pendaratan.

Pakistan International Airlines (PIA) jatuh dan menimpa permukiman di Karachi pada 22 Mei lalu. Pesawat itu mengalami kecelakaan hanya beberapa saat sebelum mendarat. Sebanyak 98 orang meninggal dan dua orang selamat.

Sang pilot, Sajjad Gull, dilaporkan sempat melakukan beberapa upaya pendaratan. Dalam percobaan kedua pesawat jatuh sebelum mencapai landasan bandara karena dua mesinnya mati.

"Pilot dan co-pilot tidak fokus, mereka sibuk membahas virus corona dan dampaknya terhadap keluarga," kata Menteri Penerbangan Pakistan Ghulam Sarwar Khan dalam laporan pendahuluan yang dirilis Rabu (24/6).

Prabowo Bertemu Menhan China saat Hadiri Victory Day di Rusia

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sempat bertemu dengan Menhan China Wei Fenghe di sela parade ke-75 peringatan Victory Day atau hari kemenangan Uni Soviet atas Nazi, Jerman, di Rusia, pada Rabu (24/6).

Sejumlah gambar yang dirilis akun media sosial Kemhan RI memperlihatkan Prabowo dan Wei sempat beberapa kali berfoto bersama dengan tetap mengenakan masker meski tidak menjaga jarak.

Duta Besar RI di Moksow, Wahid Supriyadi, menuturkan pertemuan Prabowo dan Wei merupakan kebetulan. Ia menuturkan tidak ada pembicaraan resmi apa pun yang terjadi antara kedua menhan tersebut dalam pertemuan itu.

"Itu pertemuan by accident saja, kebetulan tempat duduk mereka bersebelahan. Saya kebetulan tidak ada di situ, tapi saya kira pertemuan keduanya informal. Yang jelas itu tidak diagendakan," ujar Wahid kepada CNNIndonesia.com pada Kamis (25/6).

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK