KILAS INTERNASIONAL

Kecelakaan Situs Nuklir Iran sampai Tentara Perempuan Saudi

CNN Indonesia | Jumat, 03/07/2020 07:15 WIB
(FILES) In this file photo taken on October 26, 2010 shows the inside of reactor at the Russian-built Bushehr nuclear power plant in southern Iran, 1200 Kms south of Tehran, where Iran has began to unload fuel into the reactor core for the nuclear power plant, a move which brings the facility closer to generating electricity after decades of delay. - President Hassan Rouhani said on November 5 that Iran would resume uranium enrichment at an underground plant south of Tehran in its latest step back from a troubled 2015 agreement with major powers. (Photo by HAMED MALEKPOUR / FARS NEWS AGENCY / AFP) / == best quality available== Ilustrasi fasilitas nuklir Iran. (HAMED MALEKPOUR / FARS NEWS AGENCY / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Kamis (2/7) kemarin. Mulai dari kecelakaan di fasilitas nuklir Iran sampai foto prajurit perempuan pengawal Kerajaan Arab Saudi. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Iran Akui Terjadi Kecelakaan di Fasilitas Nuklir

Sebuah kecelakaan dilaporkan terjadi di fasilitas pengayaan uranium Natanz di Provinsi Isfahan yang menjadi situs nuklir utama Iran pada Kamis (2/7).

Kerusakan sempat dilaporkan terjadi akibat kecelakaan tersebut. Namun, tak lama, juru bicara Organisasi Energi Atom Iran, Behrouz Kamalvandi, menuturkan insiden itu tidak merusak situs nuklir tersebut.

Ia juga mengatakan tidak ada korban dalam kecelakaan itu dan pihak berwenang tengah menyelidiki penyebab terjadinya insiden.

[Gambas:Video CNN]



Kamalvandi menuturkan fasilitas nuklir itu sampai saat ini tidak aktif dan tidak ada risiko polusi radioaktif akibat kecelakaan.

Ia tidak memberikan rincian tentang kronologi dan kecelakaan yang dilaporkan.


2. Skandal Perusahaan China Jaminkan Emas Palsu untuk Pinjam Uang

Sebuah perusahaan pengolahan emas yang bermarkas di Wuhan, China, Kingold Jewelry Inc., dilaporkan menipu sejumlah perusahaan untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan emas batangan palsu.

Seperti dilansir Sputnik News, Kamis (2/7), perusahaan itu dilaporkan terlibat dalam kasus penipuan untuk mendapatkan pinjaman senilai US$2.8 miliar (sekitar Rp40.3 triliun) dalam beberapa tahun ke belakang. Perusahaan itu memang khusus menangani pembuatan perhiasan dan distribusi emas sejak 2002.

Skandal itu terungkap sejak Februari lalu. Saat itu salah satu perusahaan yang meminjamkan uang kepada Kingold, Dongguan Trust Co. Ltd., hendak mencairkan emas yang dijadikan agunan untuk menutupi utang. Setelah diteliti, ternyata emas yang dijadikan jaminan hanya batangan perunggu yang disepuh.

Kingold dilaporkan menjadi perusahaan pengolah emas dan pembuat perhiasan terbesar di Provinsi Hubei. Mereka juga tercatat di bursa saham NASDAQ, New York.

Dalam kurun waktu lima tahun, Kingold meminjam uang dari 14 perusahaan China lain. Saat itu mereka mengajukan agunan dengan total 83 ton emas batangan.


3. Pangeran Saudi Unggah Foto Tentara Wanita Raja Salman

Pangeran Arab Saudi, Sattam bin Khaled Al Saud mengunggah ulang foto tentara wanita pengawal Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud yang sedang bertugas di istana. Foto tersebut diunggah pada 26 Juni malam.

Foto tersebut diunggah di akun Twitter pribadi Pangeran Al Saud, @sattam_al_saud disertai dua emoticon berbentuk hati berwarna hijau dan bendera Arab Saudi.

[Gambas:Video CNN]

"Salah satu tugas Royal Guard adalah memberikan perlindungan dan keamanan bagi raja dan tamunya selama perayaan dan konferensi. Dengan demikian, peran wanita dalam Royal Guard akan menemani para tamu atau berurusan dengan para tamu dan ini adalah hal yang indah dan penting," tulis sang pangeran dalam kicauan lainnya.

(ayp/ayp)