Kilas Internasional

Presiden Brasil Positif Corona hingga Bubonic Gemparkan China

CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 06:33 WIB
Brazilian President Jair Bolsonaro gestures during the ceremony marking the assembly of the parts of Brazil's new Navy submarine Humaita (SBR-2), at the Itaguai Navy Complex in Rio de Janeiro, Brazil, on October 11, 2019. (Photo by MAURO PIMENTEL / AFP) Presiden Brasil Jair Bolsonaro positif tertular virus corona. (MAURO PIMENTEL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (7/7). Mulai dari Presiden Brasil Jair Bolsonaro positif tertular virus corona hingga China waspada hadapi wabah bubonic

1. Presiden Brasil Positif Idap Virus Corona

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyatakan dia positif tertular virus corona (Covid-19) dari hasil pemeriksaan paru-paru yang dijalani pada Senin (6/7) kemarin.

 Seperti dilansir CNN, Selasa (7/7), Bolsonaro menyampaikan langsung kabar itu dalam siaran langsung di televisi.




"Setiap orang tahu bahwa hal itu (virus corona) akan menulari setiap penduduk cepat atau lambat. Saya dinyatakan positif," kata Bolsonaro.

Dalam pidato itu, Bolsonaro terlihat mengenakan masker dan meminta kepada semua orang supaya untuk sementara menjauh darinya.

"Anda tidak bisa dekat-dekat dengan saya, oke? Saran ini untuk semuanya," ujar Bolsonaro.

2. WHO Pelajari Temuan Virus Corona Menyebar Lewat Udara

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan masih terus mempelajari temuan sejumlah ilmuwan yang menyatakan virus corona (Covid-19) bisa menyebar melalui udara sejauh dua meter.

"Kami menyadari ada temuan baru dalam kasus ini. Maka dari itu kami akan terbuka terhadap bukti-bukti yang disampaikan dan akan berusaha memahami dampak cara penularan dan cara pencegahan yang harus dilakukan," kata Koordinator Teknis Pengendalian Infeksi WHO, Benedetta Allegranzi, dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss, seperti dilansir AFP, Rabu (8/7).

3. China Waspada Hadapi Wabah Bubonic

Pihak berwenang China di dekat perbatasan Mongolia terus meningkatkan kesiagaan setelah seorang peternak di wilayah itu positif mengidap wabah bubonic.

Komisi Kesehatan Kota Bayannur menuturkan pria itu kini dalam kondisi stabil di rumah sakit.

Wabah bubonic merupakan sebuah penyakit yang berasal dari bakteri Yersinia pestis. Penyakit itu ditularkan oleh tikus yang terinfeksi melalui kutu ke manusia.

Komisi Kesehatan China telah melarang perburuan dan konsumsi hewan yang dapat membawa penyakit terutama marmut. Pihak berwenang China juga meminta setiap warga melaporkan jika melihat ada tikus atau hewan sejenis lainnya yang mati.

(dea)

[Gambas:Video CNN]