Ketua DPR AS Komentari Trump Pakai Masker untuk Pertama Kali

CNN, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 07:20 WIB
WASHINGTON, DC - JUNE 08: Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) joins fellow Democrats from the House and Senate to announce new legislation to end excessive use of force by police across the country and make it easier to identify, track, and prosecute police misconduct at the U.S. Capitol June 08, 2020 in Washington, DC. The legislation is being introduced following the recent deaths of unarmed African-Americans in police custody, including George Floyd, and the nationwide demonstrations demanding an overhaul of law enforcement.   Chip Somodevilla/Getty Images/AFP Ketua DPR AS Nancy Pelosi merespons positif Trump memakai masker untuk pertama kali. (Foto: AFP/CHIP SOMODEVILLA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi menyambut positif penampilan perdana Presiden Donald Trump yang mengenakan masker sejak pandemi Covid-19 saat mengunjungi rumah sakit militer pada Sabtu (11/7).

Menurutnya, penampilan Trump tersebut seakan menjadi pengakuan bahwa mengenakan masker dapat membantu menghentikan penyebaran virus corona.

"Saya sangat senang dia (Trump) mematuhi aturan untuk mengenakan masker. Anda tidak bisa mengunjungi veteran di rumah sakit tanpa mengenakannya. Sekarang, dia telah mengubah sikapnya," ucap Pelosi saat diwawancara CNN.


Menurut Pelosi, penampilan Trump tersebut seakan menjadi sebuah pengakuan bahwa orang tua dan anak-anak merupakan kelompok usia yang rentan tertular virus corona. Untuk itu, memakai masker menjadi salah satu cara untuk menghentikan penyebaran virus SARS-CoV-2.

"Jadi, semoga dengan dia mencontohkan penggunaan masker, dia akan mengubah sikapnya yang bisa membantu menghentikan penyebaran virus," ujar Pelosi lagi.

Trump bersama para staf tampak mengenakan masker saat mengunjungi pusat medis di Bethesda, Maryland. Selama mengenakan masker, Trump tidak memberikan pernyataan apapun. Momen ini merupakan pertama kalinya Trump terlihat mengenakan masker sejak pandemi virus corona terjadi di Amerika Serikat selama empat bulan terakhir.

President Donald Trump wears a face mask as he walks down a hallway during a visit to Walter Reed National Military Medical Center in Bethesda, Md., Saturday, July 11, 2020. (AP Photo/Patrick Semansky)Trump mengenakan masker untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 melanda AS dalam empat bulan terakhir. (Foto: AP/Patrick Semansky)

Trump diketahui mengenakan ini atas desakan orang-orang di sampingnya demi memberi contoh yang baik bagi para pendukungnya. Trump pun sempat mengisyaratkan pemakaian masker ini kala melakukan wawancara dengan Fox News.

"Saya mungkin akan mengenakan masker saat pergi ke Walter Reed. Kau akan berada di rumah sakit, jadi saya pikir itu hal yang sangat tepat," katanya kala itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sebelumnya mendesak semua orang untuk mengenakan masker ketika berada di tempat umum, terlebih ketika jarak sosial sulit diterapkan di tempat tersebut sehingga potensi penyebaran virus pada orang tanpa gejala dan melalui cairan (droplet) mungkin terjadi.

Trump selama ini berkeras untuk tidak mengenakan masker, kendati orang-orang di dekatnya tampak mulai mengikuti anjuran CDC. Ia bahkan sempat mencemooh rivalnya pada pemilu AS, Joe Biden ketika tampil mengenakan masker di depan umum.

(evn)

[Gambas:Video CNN]