Kelahiran Langka Harimau Sumatra di Kebun Binatang Polandia

CNN Indonesia | Minggu, 26/07/2020 04:30 WIB
Seekor bayi harimau sumatra berhasil dilahirkan induknya di kebun binatang Wroclaw, Polandia, pada Mei lalu dan baru dikenalkan ke dunia pada pekan ini. Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seekor bayi harimau Sumatra, spesies yang terancam punah, lahir di sebuah kebun binatang di Polandia pada 23 Mei lalu.

Bayi harimau itu pun baru dikenalkan secara resmi dua bulan setelah kelahirannya oleh pengelola Kebun Binatang Wroclaw, Polandia, pada Jumat (24/7).

Bayi tersebut lahir dari rahim induknya yang bernama Nuri. Nuri adalah harimau Sumatra betina berusia 7 tahun, sementara ayahnya adalah harimau jantan yang dinamakan Tengah (11).


"Kami gugup karena ini adalah anak pertama Nuri, tapi dia terbukti seorang ibu yang handal," kata direktur kebun binatang Wroclaw, Radoslaw Ratajszczak, seperti dilansir dari AFP.

Wroclaw adalah kota di kawasan barat daya Polandia. Kota ini berjarak sekitar 347 kilometer dari ibu kota Polandia, Warsawa.

Kebun binatang Wroclaw mengundang warganet ke laman Facebook mereka untuk membantu menamai bayi harimau Sumatra yang lahir pada Mei lalu itu.

"Kami akan sangat senang memberikan nama Asia yang mencerminkan asal-usul spesies" kata Ratajszczak.

Nama yang diusulkan, kata dia, akan dipilih penjaga harimau tersebut.

Harimau Sumatra biasanya hidup hingga usia 30 tahun, harimau betina bisa melahirkan hingga 10 bayi harimau sepanjang hidupnya.

Nuri dan Tengah sendiri adalah bagian dari program global yang bertujuan menyelamatkan spesies itu dari kepunahan.

Belajar Berburu dari Induk Harimau

Sementara itu, dilansir dari AP, bayi dari rahim Nuri itu adalah kelahiran pertama di Kebun Binatang Wroclaw dalam 20 tahun terakhir.

Bayi harimau itu sendiri saat ini disebutkan sudah banyak belajar, termasuk berburu. Staf kebun binatang yang bertanggung jawab atas seksi harimau sumatra itu, Beata Nieweglowska, mengatakan bayi tersebut sangat pintar, dan Nuri pun membebaskannya dengan bijak.

"Dia [bayi harimau] sangat berani dan selalu mencari tahu dengan lari keluar dan tergantung pada cuaca juga ibunya akan membiarkan lari keluar atau tidak," kata Nieweglowska.

"Dia belajar segala perilaku dasar dari harimau dewasa, dan ibunya menunjukkan padanya bagaimana untuk bersikap, apa yang harus ditakutkan, apa yang tidak, dan bagaimana untuk melakukan pendekatan [berburu]," imbuhnya.

Sementara itu Tengah, tak terlalu terlibat dengan sang bayi setelah kelahirannya. Itu, kata Ratajszczak, adalah alamiah bagi harimau jantan.

Harimau Sumatra adalah hewan endemik Indonesia yang telah dinyatakan hampir punah. Saat ini, di Pulau Sumatra, Indonesia, diperkirakan tak lebih dari 500 Harimau yang hidup di habitat alam liar.

Sementara itu di kebun binatang seluruh dunia saat ini diperkirakan ada sekitar 270 harimau Sumatra yang ikut program pemulihan spesies tersebut. Para harimau itu akan diatur baik jantan maupun betina akan ditempatkan di mana oleh koordinator global.

Nuri datang ke Wroclaw pada 2015 silam dari kebun binatang Paignton, Inggris. Sementara itu Tengah datang lebih awal, yakni 2010 dari Rheine, Jerman.

[Gambas:Video CNN]



(AFP, AP/kid)

[Gambas:Video CNN]