Kilas Internasional

AU Jepang Terancam China hingga Jet Rusia Terobos Finlandia

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 06:27 WIB
Angkatan Udara Jepang hadapi ancaman bertubi-tubi dari China hingga dua jet tempur Su-27 Rusia terobos wilayah udara Finlandia, ramaikan berita internasional. Ilustrasi jet tempur China. (AFP PHOTO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (29/7). Mulai dari Angkatan Udara Jepang hadapi ancaman bertubi-tubi dari China hingga dua jet tempur Su-27 Rusia terobos wilayah udara Finlandia.

1. Angkatan Udara Jepang Hadapi Ancaman Bertubi-tubi dari China

Pilot pesawat tempur Jepang Letnan Kolonel Takamichi Shirota mengatakan wilayah udara mereka berada di bawah tekanan yang semakin meningkat dari China.
 
Lebih dari dua kali sehari pilot pesawat tempur Jepang mendengar bunyi sirine dan suara pesawat melesat ke arah jet mereka.
 



Seperti dikutip dari CNN, sebanyak 947 ancaman udara dialami Jepang dalam setahun terakhir. Sebagian dari jumlah itu, pelakunya adalah pesawat tempur dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF). Shirota mengatakan jumlah potensi serangan terus meningkat.

2. Ibadah Haji Dimulai Hari Ini, 1.000 Jemaah Tarwiyah di Mina

Sekitar 1.000 jemaah berkumpul di Lembah Mina, Mekah, Arab Saudi, Rabu (29/7) untuk memulai rangkaian ibadah haji. Mereka melaksanakan ibadah Tarwiyah sebagai tanda dimulainya perjalanan haji.

Tarwiyah adalah berdiam di Mina sebelum menuju Arafah. Tidak ada ritual besar sehingga para jemaah akan menghabiskan waktu hingga Kamis esok.

Seperti dikutip dari Arab News, Mina yang berjarak 7 km dari Masjidil Haram, biasanya menampung sedikitnya 2,5 juta jemaah dari seluruh dunia yang tinggal di tenda-tenda. Tidak heran Mina mendapat julukan kota tenda.

3. Dua Jet Tempur Su-27 Rusia Terobos Wilayah Udara Finlandia

Dua jet tempur Sukhoi Su-27 milik Rusia diduga melanggar wilayah udara Finlandia di lepas pantai Helsinki pada Selasa (28/7).
Kementerian Pertahanan Finlandia menuturkan kedua jet tersebut terbang di wilayah Finlandia selama dua menit.

Direktur Komunikasi Kemhan Finlandia, Niina Hyrsky, mengatakan insiden itu terjadi di Teluk Finlandia dekat Helsinki pada Selasa sore sekitar pukul 14.00 waktu lokal.

Hyrsky mengatakan pihak berwenang Finlandia tengah menyelidiki insiden itu dan melacak dua pesawat militer Rusia tersebut.

(dea)

[Gambas:Video CNN]