Mendagri India Positif Terinfeksi Virus Corona

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 09:31 WIB
Menteri dalam negeri India, Amit Shah menyatakan bahwa dirinya positif terinfeksi virus corona. Menteri dalam negeri India, Amit Shah. (Foto: AFP/PRAKASH SINGH)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri India Amit Shah mengumumkan jika ia dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Shah mengumumkan kabar tersebut melalui Twitter pribadinya.

Ia mengatakan saat ini mendapatkan perawatan di rumah sakit New Delhi, India.

"Saya telah menjalani tes dan dinyatakan positif," tulis Shah melalui Twitter.


Dilansir dari CNN, ia meminta orang-orang yang sempat melakukan kontak dengannya dalam beberapa hari terakhir untuk melakukan karantina diri dan menjalani pengetesan virus.

Seruan tersebut juga ditujukan kepada Perdana Menteri Narendra Modi yang sempat bertemu Shah pada Rabu (29/7) lalu. Keduanya bertemu saat menghadiri rapat kabinet di kediaman Modi di New Delhi.

Terkait kabar ini, Modi belum berkomentar terkait hasil tes yang dilakukannya.

Selain bertemu Modi, Shah diketahui juga bertemu dengan pejabat pemerintah dan anggota parlemen India lainnya, termasuk anggota parlemen Babul Supriyo. Supriyo menyatakan telah menjalani tes dan melakukan karantina mandiri.

Insert Artikel - Waspada Virus CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Insert Artikel - Waspada Virus Corona

Shah dalam beberapa bulan terakhir secara aktif terlibat dalam upaya pemerintah menekan laju penyebaran virus corona. Ia beberapa kali terlihat berkunjung ke pusat perawatan dan rumah sakit darurat khusus Covid-19.

Shah menambah daftar pejabat India yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona. Sebelumnya Menteri Pendidikan Teknis di negara bagian Uttar Pradesh, Kamal Rani Varun dikabarkan meninggal dunia karena Covid-19 pada Minggu (2/8) usai mendapat perawatan di rumah sakit negara bagian Lucknow.

"Seluruh hidupnya (Varun) dicurahkan untuk memberikan pelayanan sosial," tulis Modi usai kematian Varun sebagai bentuk ucapa belasungkawa bagi keluarganya.

Sementara ketua menteri negara bagian India selatan Karnataka, B.S. Yediyurappa juga menyatakan bahwa ia positif terinfeksi virus corona.

"Saya baik-baik saja, saya dirawat di rumah sakit sebagai tindakan pencegahan atas rekomendasi dokter. Saya meminta kepada mereka yang melakukan kontak dengan saya baru-baru ini untuk melakukan karantina mandiri," tulis Yediyurappa di Twitter.
 
Selain menginfeksi pejabat negara, virus corona juga dilaporkan juga dialami oleh bintang Bollywood Amitabh Bachan, salah satu aktor paling terkenal di India.
 
Pekan ini menjadi yang paling mematikan bagi India, ada lebih dari 5.300 kematian terkait virus corona. India saat ini menjadi negara di urutan ketiga dunia dengan 1.808.128 kasus dan 38.201 kematian.

(ans/evn)

[Gambas:Video CNN]