Wartawan Meksiko Tewas Diduga Dibantai Anggota Geng

CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 06:02 WIB
Seorang wartawan Meksiko, Pablo Morrugares, tewas dibunuh dengan cara ditembak oleh sekelompok orang pada Minggu (2/8) pekan lalu. Ilustrasi pembunuhan. Seorang wartawan Meksiko, Pablo Morrugares, tewas dibunuh dengan cara ditembak oleh sekelompok orang pada Minggu (2/8) pekan lalu. (Istockphoto/aradaphotography)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang wartawan di Meksiko, Pablo Morrugares, dilaporkan tewas dibunuh dengan cara diberondong tembakan oleh sekelompok orang pada Minggu (2/8) pekan lalu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (4/8), pembunuhan terhadap Morrugares terjadi di negara bagian Guerrero. Seorang polisi yang mengawal korban turut meninggal dalam kejadian itu.

Menurut keterangan kepolisian setempat, saat kejadian Morrugares dan seorang polisi yang mengawalnya sedang makan malam di sebuah restoran pukul 01.00 waktu setempat. Seketika ada sekelompok orang yang membawa senapan serbu memasuki restoran itu dan melepaskan tembakan.


Sebelum dibunuh, Morrugares disebut menerbitkan laporan melalui situs berita yang dia kelola, PM Noticias, tentang aksi kejahatan yang melibatkan pertikaian antar geng.

Situs itu memang khusus memberitakan soal kejahatan dan kegiatan polisi.

Kepolisian setempat memberikan pengawalan khusus kepada Morrugares setelah dia dan sang istri lolos dari percobaan pembunuhan empat tahun lalu.

Komisi Hak Asasi Manusia Guerrero mengutuk pembunuhan terhadap Morrugares, dan mendesak supaya peristiwa itu segera diusut.

Morrugares adalah jurnalis di Meksiko yang tewas dibunuh pada tahun ini.

Menurut laporan lembaga nirlaba Reporter Lintas Batas (RSF), ada 10 wartawan Meksiko tewas dibunuh sepanjang 2019.

[Gambas:Video CNN]

Sejak 2000 tercatat sudah lebih dari 100 pewarta di Meksiko dibunuh. Akan tetapi, hanya sedikit dari pelaku yang berhasil ditangkap dan dihukum.

(AFP/ayp)