Hong Kong Tawarkan Tes Corona Gratis Bagi 7,5 Juta Warga

Associated Press, CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 21:00 WIB
Hong Kong menawarkan tes corona gratis secara sukarela bagi 7,5 juta warganya. Ilustrasi tes virus corona. (Foto: AP/Manish Swarup)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengatakan akan menawarkan tes corona gratis bagi 7,5 juta penduduknya . Ia mengatakan skema pengetesan akan diluncurkan dalam waktu dua pekan ke depan.

Lam mengatakan pengetesan massal ini dilakukan untuk mengukur tingkat penularan virus di komunitas. Menurutnya, pengetesan ini merupakan program sukarela untuk mengetahui apakah warga terinfeksi virus corona.

"Sederhananya, siapa pun di komunitas yang ingin melakukan tes dapat mengikuti tes. Kami tidak akan peduli apakah mereka berasal dari kelompok berisiko tinggi atau tidak," kata Lam kepada wartawan di Hong Kong, Jumat (7/8) seperti dilansir Associated Press.


"Ini adalah korban yang sepenuhnya sukarela bagi mereka yang ingin mengikuti tes. Pandemi virus corona masih parah, jumlah keseluruhannya masih tinggi," ujar Lam menambahkan.

Ia menyebut pejabat Hong Kong pada akhir Juli lalu telah meminta dukungan China untuk membantu meningkatkan kemampuan mendeteksi virus.

Tes akan dilakukan dengan menerapkan jaga jarak sosial untuk menghindari penyebaran virus corona.

Hong Kong tengah berjuang untuk terhindar dari gelombang ketiga Covid-19 setelah melaporkan sektiar 100 kasus baru per harinya.

Data statistik Worldometers hingga saat ini mencatat 3.939 kasus Covid-19 dengan 46 kematian.

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK