Obama Sambut Baik Kamala Harris Jadi Cawapres Joe Biden

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 10:37 WIB
Mantan presiden AS Barack Obama hingga Hillary Clinton menyambut baik penujukan Kamala Harris sebagai cawapres mendampingi Joe Biden dalam Pilpres 2020. Kamala Harris ditunjuk sebagai cawapres mendampingi Joe Biden dalam Pilpres AS 2020. (Foto: AFP/ROBYN BECK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilihan Senator Kamala Harris oleh Joe Biden menjadi calon wakil presiden untuk maju dalam pemilu Amerika Serikat menuai respons positif dari beragam kalangan. Sejumlah politisi seperti Barack Obama, Hillary Clinton hingga selebritas Priyanka Chopra menyampaikan antusiasme melalui media sosial.

Mantan presiden Barack Obama mengatakan bahwa Biden telah membuat keputusan yang tepat telah memilih Harris.

"Sekarang Joe memiliki mitra yang ideal untuk membantunya mengatasi tantangan yang sangat nyata yang dihadapi Amerika sekarang dan di tahun-tahun mendatang," kata Obama melaui Twitter.


Obama juga memuji Harris dengan menyebut sosok perempuan berusia 55 tahun ini itu lebih dari siap mengemban tugas sebagai wakil presiden. Obama menyoroti latar belakang Harris dan profesinya di bidang hukum.

"Dia (Harris) menghabiskan kariernya membela konstitusi kita dan berjuang untuk orang-orang yang membutuhkan keadilan."

Senada, politisi sekaligus mantan calon presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton juga menyambut positif keputusan penunjukan Harris.

"Dia sudah membuktikan dirinya sebagai pelayan publik dan pemimpin yang luar biasa. Daya saya tahu dia akan menjadi mitra yang kuat untuk Joe Biden," tulis Hillary dalam cuitannya.

Sementara itu, rival Biden yang sempat mengajukan pencalonan dari Partai Demokrat, Bernie Sanders mengungkapkan optimismenya atas kemenangan pasangan pesaing Trump dalam pilpres November mendatang.

"DIa mengerti apa yang diperlukan untuk membela orang-orang yang bekerja, memperjuangkan perawatan kesehatan untuk semua, dan menggulingkan pemerintahan paling korup dalam sejarah. Ayo mulai bekerja dan menang," tulis Sanders dalam cuitannya.

Penunjukan Harris juga mencuri perhatian dari aktris keturunan India, Priyanka Chopra. Ia menyebut pemilihan Harris oleh Biden sebagai sebuah momen bersejarah dan membanggakan bagi kaum perempuan.

"Ini adalah momen bersejarah, transformasional, dan membanggakan bagi semua perempuan," tulis Priyanka.

Ia menyoroti fakta bahwa Harris merupakan perempuan kulit hitam pertama dan orang keturunan India pertama yang mengantongi tiket untuk maju dalam kontestasi pemilu AS.

Biden mengumumkan pemilihan Harris sebagai pendampingnya dalam pilpres AS melalui Twitter. Harris mengatakan mengetahui penunjukan dirinya hanya 90 menit sebelum diumumkan ke publik dalam sebuah panggilan video (video call).

"Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih Kamala Harris "si kecil pejuang tak kenal takut"," tulis Biden dalam cuitannya.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]