10 Ribu Hektare Lahan Terbakar di Los Angeles

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 11:05 WIB
Kebakaran lahan terjadi di dekat Danau Hughes, Los Angeles, AS pada Rabu (12/8) sore hingga menghanguskan sekitar 10 ribu hektare dan 500 rumah dievakuasi. Ilustrasi karhutla. (Foto: PETER PARKS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebakaran lahan terjadi di dekat Danau Hughes, Los Angeles, Amerika Serikat pada Rabu (12/8) sekitar pukul 15.30 waktu setempat. Api yang menjalar cepat menghanguskan 10 ribu hektare lahan dan sekitar 500 rumah harus dievakuasi.

Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles mengatakan api menjalar hingga membakar 10 ribu hektare dalam waktu lebih dari tiga jam.

"Beberapa lembaga sedang berjuang melawan kebakaran di dekat area Danau Hughes di Hutan Nasional Los Angeles," tulis departemen pemadam kebakaran dalam cuitannya.


Kepulan asap dari kebakaran lahan terlihat hingga jarak puluhan kilometer dari lokasi kebakaran. Sejauh ini belum ada laporan warga yang menjadi korban akibat kebakaran

Dilansir AFP, lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran dikerahkan, termasuk menggunakan helikopter dan pesawat pemadam api.

"Deputi #PASD saat ini sedang mengevakuasi penduduk di daerah itu. Tolong bantu kami dengan membantu Anda dan orang yang kami cintai keluar dengan selamat," cuitnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kebakaran hebat kian sering terjadi di California. Sebagian besar kebakaran dipicu oleh perubahan iklim.

Kebakaran paling mematikan dalam sejarah AS yang terjadi di California utara pada November 2018 dan menewaskan 86 orang.

(evn)

[Gambas:Video CNN]