Prancis Catat Rekor Harian Infeksi Corona, 2.524 Kasus

CNN, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 04:39 WIB
Prancis mencatat rekor harian infeksi virus corona yakni sebanyak 2.524 kasus baru dalam waktu 24 jam terakhir pada Rabu (12/8). Perawatan pasien terinfeksi virus corona. (Foto: Thomas SAMSON / various sources / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Prancis mencatat rekor tertinggi infeksi virus corona sebanyak 2.524 kasus baru dalam waktu 24 jam terakhir pada Rabu (12/8). Jumlah ini merupakan penambahan tertinggi kasus harian sejak 6 Mei lalu.

Angka kasus harian Covid-19 kali ini merupakan lonjakan tertinggi sejak Prancis melonggarkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown).

Penambahan kasus baru kali ini menjadikan Prancis hingga kini memiliki 206.696 orang terinfeksi virus corona dengan 83.472 diantaranya dinyatakan sembuh. Angka kematian akibat Covid-19 menjadi 30.371 jiwa, bertambah 17 orang.


Kasus Covid-19 aktif di Prancis saat ini sebanyak 92.853, sekitar 379 diantaranya dalam kondisi kritis.

Mengutip CNN, lonjakan kasus baru corona kali ini terjadi setelah Perdana Menteri Jean Castex mengatakan bahwa situasi pandemi di Prancis menuju ke 'arah yang salah'.

Pemerintah Prancis telah mewajibkan penggunaan masker di semua ruang publik tertutup seperti di pertokoan atau gedung publik.

Lonjakan kasus harian Covid-19 ini sebelumnya sempat diperingatkan oleh Kementerian Kesehatan Prancis pada akhir Juli lalu.

Warga diminta untuk tetap mewaspadai penularan virus corona selama liburan musim panas pada awal Juli hingga awal September nanti.

Peringatan dikeluarkan lantaran warga kerap memanfaatkan liburan musim panas untuk menggelar acara dan pertemuan keluarga. Hal ini bisa memicu kembali penularan virus corona.

Secara nasional angka "R" yang mengindikasikan tingkat penularan virus sekarang berada pada angka 1,2, yang berarti 10 orang yang terinfeksi akan menginfeksi rata-rata 12 tambahan, menurut badan kesehatan Sante Publique France.

Tetapi di beberapa daerah di daratan Prancis, angka ini jauh lebih tinggi, dengan wilayah Mediterania selatan termasuk Marseille dan Nice sekarang melaporkan angka 1,55.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]