India Beli 5 Jet Tempur Prancis usai Bentrok dengan China

Associated Press, CNN Indonesia | Kamis, 10/09/2020 18:22 WIB
India menambah pembelian lima jet tempur buatan Prancis sehingga total menjadi 36 jet usai terjadi bentrokan dengan tentara China di perbatasan. India menambah lima jet tempur Rafale buatan Prancis. (Foto: Dmitry A. Mottl via WIkimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia --

Angkatan Udara India menambah pembelian lima jet tempur buatan Prancis untuk memperkuat militer di tengah ketegangan dengan China di Ladakh Utara, perbatasan dekat Himalaya yang disengketakan kedua negara.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh dalam apel di pangkalan udara pada Kamis (10/9) mengatakan pembelian jet tempur sangat signifikan mengingat situasi keamanan di perbatasan yang ketegangan saat ini terus meningkat.

Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly yang menghadiri upacara tersebut mengatakan, jet tempur Rafale telah membuktikan kemampuannya dalam menangani pasukan pemberontak di Mali dan Suriah.


"Kemampuan pesawat yang sepenuhnya terbukti dalam pertempuran akan 'memberikan keunggulan bagi India di kawasan dan melindungi mereka sendiri (negara)," kata Parly.

Pembelian kali ini merupakan bagian dari kesepakatan senilai US$8,78 miliar yang ditandatangani dengan Prancis pada 2016 lalu. India berupaya memodernisasi kekuatan militernya dengan membeli sejumlah jet tempur.

Mengutip Associated Press, penambahan pembelian kali ini menjadikan total 36 jet tempur buatan Prancis yang dijadwalkan akan dikirim pada 2022 mendatang.

Lima jet tempur telah tiba di pangkalan udara Ambala, negara bagian Haryana utara pada 29 juli lalu. Pangkalan udara Ambala digunakan untuk menempatkan pasukan yang menjaga perbatasan Pakistan dan India.

Demi mengatasi ketegangan di daerah perbatasan, India telah mengirim bantuan jet tempur dan peralatan militer ke wilayah Ladakh utara setelah terjadi bentrokan dengan tentara China.

Singh mengatakan saat ini India memainkan peran penting dalam melindungi perdamaian dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik dan Samudra Hindia.

Jet tempur Rafale memiliki 13 fitur khusus dan rudal jarak jauh yang memberikan kemampuan untuk melakukan serangan jarak jauh. Rafale merupakan jet tempur buatan asing pertama yang dimiliki militer India sejak Su-30MKI buatan Rusia pada 1997 lalu.

(evn/evn)

[Gambas:Video CNN]