Lahan Hangus Akibat Karhutla AS Seluas Satu Negara Bagian

CNN, CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 21:15 WIB
Kebakaran hutan di California telah menghanguskan lebih dari 3,2 juta hektare lahan, hampir seluas negara bagian Connecticut. Dampak kebakaran hutan di California, Amerika Serikat. Kebakaran hutan di California telah menghanguskan lebih dari 3,2 juta hektare lahan, hampir seluas negara bagian Connecticut. (AP/Noah Berger)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak awal 2020, kebakaran hutan di California telah menghanguskan lebih dari 3,2 juta hektare lahan, dan hampir seluas negara bagian Connecticut.

Melansir CNN, Selasa (15/9), pada Senin, pemadam kebakaran CalFire Butte County mengatakan hampir 16.500 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menghadapi 28 kebakaran hutan hujan di California yang telah menewaskan 24 orang, menghancurkan lebih dari 4.200 bangunan.

Kebakaran yang terus berlanjut menyebabkan ribuan penduduk California harus menghadapi pemadaman listrik sebagian.


"Ini adalah kebakaran besar yang intens. Ini adalah masalah yang sangat besar, langsung, dan mendesak," kata miliarder, pegiat lingkungan dan mantan calon presiden dari Partai Demokrat, Tom Steyer.

Baik Gubernur California, Gavin Newsom, dan Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti, mengaitkan parahnya kebakaran musim ini dengan perubahan iklim. Sementara Presiden Donald Trump mengatakan kebakaran itu disebabkan oleh pengelolaan lahan yang buruk.

"Penyangkalan tidak berhasil jika menyangkut iklim. Biaya dari penyangkalan itu berakibat orang kehilangan nyawa dan mata pencaharian mereka," kata Garcetti kepada pembawa acara stasiun televisi CNN, Anderson Cooper.

Garcetti mengatakan, dia kecewa mendengar pernyataan Trump yang menggambarkan kebakaran hutan yang menghancurkan negara sebagai masalah partisan dan menyalahkan negara yang sedang menderita akibat bencana alam.

"Agen federal kami benar-benar meningkatkan dan membantu kami dan benar-benar tahu bahwa kami membutuhkan bantuan mereka, kata Garcetti.

Kebakaran hutan ini memecahkan rekor kebakaran di AS. Kurangnya curah hujan juga memperburuk situasi.

Pada Senin, Trump mengunjungi McClellan Park di luar Sacramento di utara California untuk bergabung dengan petugas pemadam kebakaran, tim darurat lokal, dan federal untuk memberi pengarahan tentang kebakaran hutan.

Tepat sebelum pengarahan, Trump sempat menjawab pertanyaan wartawan tentang perannya dalam perubahan iklim terkait kebakaran tersebut.

"Ya, saya pikir ini lebih merupakan situasi pengelolaan. Jika Anda melihat negara lain, jika Anda pergi ke negara lain di Eropa, Austria, Finlandia... mereka adalah negara hutan. Mereka berada di hutan dan mereka tidak punya masalah seperti ini," jawab Trump.

Sekitar 35 orang tewas dalam kebakaran hutan di Pantai Barat, termasuk 24 orang di California, sepuluh orang di Oregon, dan seorang anak di negara bagian Washington.

Kebakaran paling mematikan adalah di North Complex Fire yang menyebabkan lebih dari separuh korban di California, dan telah membakar 264 ribu hektare lahan di Plumas County dan Butte County.

(ans/ayp)

[Gambas:Video CNN]