Yoshihide Suga Resmi Jadi PM Jepang, Segera Umumkan Kabinet

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 14:20 WIB
Parlemen Jepang memilih Yoshihide Suga sebagai Perdana Menteri Jepang. Dengan begitu Suga resmi menjadi PM Jepang yang baru menggantikan Shinzo Abe. Yoshihide Suga resmi jadi Perdana Menteri Jepang yang baru. (AP/Koji Sasahara)
Jakarta, CNN Indonesia --

Parlemen Jepang pada hari Rabu (16/9) memilih Yoshihide Suga sebagai Perdana Menteri Jepang. Dengan begitu Suga resmi menjadi PM Jepang yang baru menggantikan Shinzo Abe.

Dilaporkan AFP, Suga menang mudah dengan meraup 314 suara dari 462 surat suara sah yang diberikan di majelis rendah parlemen, di mana Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa memegang suara mayoritas.

"Menurut hasil, kami memutuskan untuk menunjuk perdana menteri Yoshihide Suga," kata ketua majelis rendah Tadamori Oshima setelah penghitungan suara.


Suga diperkirakan akan mengumumkan kabinetnya Rabu malam. Media lokal melaporkan bahwa dia akan mempertahankan sejumlah menteri dari pemerintahan Abe.

Suga sebelumnya diketahui terpilih sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) pada hari Senin dengan sekitar 70 suara, tetapi dia masih membutuhkan dukungan dari badan legislatif nasional negara itu.

LDP sendiri adalah partai yang tengah berkuasa saat ini di Jepang, biasanya setiap pemimpin partai yang tengah berkuasa hampir otomatis disokong untuk maju jadi calon perdana menteri.

Di forum pemilihan baru LDP, Suga memenangkan suara parlemen dengan 314 dari 465 suara di majelis rendah dan 142 dari 240 suara di majelis tinggi.

Usai terpilih sebagai pemimpin LDP dia berkata akan melanjutkan pekerjaan yang telah dilakukan pendahulunya.

"Untuk mengatasi krisis dan memberikan rasa lega kepada rakyat Jepang, kami perlu berhasil dalam apa yang telah dilaksanakan oleh Perdana Menteri Abe," kata Suga.

Suga akan mengumumkan susunan kabinet, sebelum dilantik oleh Kaisar Naruhito di Istana Kekaisaran di Tokyo pada Rabu sore waktu setempat.

Menteri Pertahanan Taro Kono kemungkinan akan digantikan oleh saudara laki-laki Abe, Nobuo Kishi. Kono dilaporkan akan menjadi menteri yang bertanggung jawab atas reformasi administrasi, portofolio yang dianggap Suga sangat penting.

Penunjukan Suga sebagai pengganti Abe tidaklah mengejutkan. Suga adalah tangan kanan mantan Abe selama hampir delapan tahun menjabat.

Suga juga dikenal sebagai operator politik yang sukses, yang bisa menyelesaikan banyak hal, dan bekerja bahu membahu untuk menerapkan "Abenomics".

(ndn/dea)

[Gambas:Video CNN]