Badai Tropis Beta Disertai Hujan Deras dan Angin Hantam AS

Associated Press, CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 08:13 WIB
Badai tropis Beta disertai hujan deras dan angin kencang menghantam negara bagian Texas dan Louisiana, AS. Ilustrasi badai. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badai tropis Beta menuju pantai Texas dan Louisiana, Amerika Serikat disertai hujan deras dan angin kencang pada Minggu (20/9). Intensitas hujan hingga 51 cm diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Badan Cuaca Nasional memperkirakan hujan yang turun tidak akan mencapai intensitas badai seperti yang terjadi pada Minggu.

Badai Beta mulai bergerak lebih cepat ke sepanjang Pantai Teluk tengah pada Minggu sore hingga ke Texas pada Senin (21/9) malam.


Pusat Badai Nasional diperkirakan akan terus bergerak ke sepanjang pantai dan menuju Louisiana pada pertengahan pekan, dengan curah hujan yang dikhawatirkan menjadi ancaman terbesar.

Kendati demikian, badai Beta diperkirakan tidak akan separah hantaman badai Harvey yang menghantam pada 2017 lalu atau badai Imelda tahun lalu di Texas.

Hujan diperkirakan akan mulai turun pada Minggu, dengan puncaknya terjadi pada Senin hingga Selasa (22/9).

Pejabat setempat mengatakan belum mengeluarkan perintah untuk mewajibkan warga melakukan evakuasi. Sejauh ini warga hanya diminta untuk tetap tinggal di rumah dalam beberapa hari ke depan jika terjadi banjir.

Wali Kota Houston Sylvester Turner mengatakan badai Beta diperkirakan tidak akan membawa hujan dan angin sehebat badai Harvey, kendati tetap memperingatkan warga untuk mewaspadai perubahan cuaca.

"Waspada cuaca karena banyak hal bisa berubah. Ini adalah tahun 2020 dan karenanya kami harus mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, "kata Turner seperti dilansir Associated Press.

Pusat Badai Nasional AS mengatakan badai Beta yang berputar melalui Teluk Meksiko pada Minggu sore diperkirakan membawa angin berkecepatan maksimal 60 mph dan bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 6 mph.

Badai Beta merupakan tiga badai yang berputar di cekungan Atlantik dan menjadi badai kesembilan yang menghantam benua AS sepanjang tahun 2020.

(evn)

[Gambas:Video CNN]