Arab Buka Kegiatan Ibadah Umrah Lagi Mulai 4 Oktober

CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 05:09 WIB
Arab Saudi akan membuka kembali kegiatan ibadah umrah yang sempat dihentikan pada Maret lalu mulai 4 Oktober nanti secara bertahap. Arab Saudi membuka lagi kegiatan ibadah umrah mulai 4 Oktober nanti. Ilustrasi. (Dok.SPA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Arab Saudi  menyatakan akan membuka kegiatan ibadah umrah mulai 4 Oktober ini. Rencana yang dilakukan di tengah penyebaran virus corona yang belum usai tersebut disampaikan Kementerian Dalam Negeri Arab, Selasa (22/9).

Pembukaan dilakukan setelah kegiatan ibadah tersebut ditangguhkan pada Maret lalu karena pandemi virus corona.

Pembukaan tersebut rencananya dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, kegiatan ibadah akan dibuka untuk 6.000 jamaah.


"6.000 warga dan penduduk di kerajaan akan diizinkan untuk melakukan umrah per hari mulai 4 Oktober," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Kantor Pers Saudi, seperti dikutip dari AFP, Rabu (23/9).

Sementara itu, untuk pengunjung dari luar kerajaan rencananya diizinkan mulai 1 November, ketika kapasitas umrah ditingkatkan menjadi 20 ribu jamaah per hari.

Kementerian menyatakan keputusan untuk melanjutkan umrah  dilakukan sebagai tanggapan atas aspirasi umat Islam di dalam dan luar negeri.

Umrah, yang mengacu pada ziarah Islam ke Mekah sebenarnya dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Kegiatan ibadah itu menarik jutaan Muslim dari seluruh dunia setiap tahun untuk datang ke Arab.

Namun, Arab Saudi menangguhkan umrah pada Maret dan mengurangi haji tahunan. Kebijakan itu ditempuh demi menghentikan penyebarluasan virus corona di kota paling suci bagi umat Islam tersebut.

Maklum, kegiatan ibadah umrah biasanya melibatkan jumlah orang dan kerumunan orang besar. Kerumunan tersebut berpotensi menimbulkan desakan sehingga membuat mereka rentan terhadap penularan.

(AFP/agt)