Jokowi: Ketersediaan Vaksin Corona akan Jadi 'Game Changer'

CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 08:09 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada Sidang Umum PBB dengan mengatakan jika ketersediaan vaksin corona akan menjadi 'game changer' di tengah pandemi. Pidato Joko Widodo di Debat Umum Sidang Majelis Umum PBB. (Foto: AP/UINTV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengatakan ketersediaan vaksin corona akan menjadi 'game changer' dalam perang global melawan pandemi Covid-19. Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato perdanannya di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Vaksin akan menjadi 'game changer' dalam perang melawan pandemi. Kita perlu bekerja sama untuk memastikan semua negara memiliki akses setara terhadap vaksin yang aman dengan harga terjangkau," kata Jokowi dalam pidatonya yang disiarkan secara daring dari Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/9).

Dia menambahkan dalam jangka panjang, tata kelola ketahanan kesehatan dunia juga harus lebih diperkuat, karena ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia.
 
Selain menyampaikan perihal vaksin Covid-19, Jokowi juga menyinggung berbagai permasalahan seperti konflik, kemiskinan, dan kelaparan yang masih terjadi di berbagai belahan dunia.


Dia menilai prinsip-prinsip Piagam PBB dan hukum internasional kerap tidak diindahkan, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.
 
"Kita semua prihatin melihat situasi ini. Keprihatinan kita menjadi semakin besar di saat pandemi Covid-19 ini," kata Jokowi.
 
"Di saat seharusnya kita semua bersatu padu, bekerja sama melawan pandemi yang justru kita lihat adalah masih terjadinya perpecahan dan rivalitas yang semakin menajam. Padahal kita seharusnya bersatu padu, selalu menggunakan pendekatan win-win, pola hubungan antar negara yang saling menguntungkan," lanjutnya.
 
Jokowi khawatir, jika perpecahan dan rivalitas terus terjadi, maka pijakan bagi stabilitas dan perdamaian yang lestari terancam goyah atau bahkan akan sirna.
 
"Dunia yang damai, stabil dan sejahtera semakin sulit diwujudkan," ucapnya.

Untuk itu, dalam sidang tersebut, Jokowi juga menyampaikan tekad Indonesia untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi.

Dia juga menyebut bahwa Indonesia akan terus memainkan peran sebagai bridge builder, yakni sebagai bagian dari solusi.

(ans/evn)

[Gambas:Video CNN]