Presiden Brazil Jair Bolsonaro Operasi Batu Kandung Kemih

CNN Indonesia | Sabtu, 26/09/2020 04:39 WIB
Presiden Brazil Jair Bolsonaro menjalani operasi pengangkatan batu kandung kemih pada Jumat (25/9) pagi. Presiden Brazil Jair Bolsonaro menjalani operasi pengangkatan batu kandung kemih. ((AP/Eraldo Peres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Brazil Jair Bolsonaro menjalani operasi untuk mengangkat batu kandung kemih pada Jumat (25/9). Masalah kandung kemih merupakan serangkaian gangguan kesehatan yang dialami pemimpin sayap kanan Brazil tersebut.

"Ia menjalani operasi cystolithotripsy endoskopi, prosedur invasif minimal dengan anestesi umum yang melibatkan penggunaan laser untuk memecah dan mengangkat batu kandung kemih. Prosedur itu dilakukan tanpa komplikasi, dan batu kandung kemih diangkat seluruhnya. Pasien dalam kondisi stabil, tanpa demam atau nyeri," kata Kementerian Komunikasi Brazilseperti dikutip dari AFP, Sabtu (26/9).

Bolsonaro sebelumnya telah mengumumkan akan menjalani operasi batu kandung kemih. Kepada pendukungnya, ia mengatakan batu kandung kemih itu lebih besar dari kacang.


"Saya merasa sedikit sakit, jadi saya memeriksakan diri. Tapi saya baik-baik saja. Ini masalah usia," katanya bulan lalu.

Bolsonaro telah menjalani serangkaian operasi dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk, empat operasi di perut yang dilakukan saat ditikam di kampanye presiden 2018.

Serangan yang dilakukan oleh seorang tersangka radikal kiri itu, terjadi sebulan sebelum Bolsonaro terpilih sebagai presiden.

Selain itu, ia juga pernah terinfeksi covid-19. Akibat infeksi itu, Ia harus menjalani masa karantina selama hampir tiga minggu.

(AFP/agt)

[Gambas:Video CNN]