Presiden Brasil Keluar dari RS PascaOperasi Kandung Kemih

tim, CNN Indonesia | Minggu, 27/09/2020 14:45 WIB
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro keluar dari rumah sakit di Sao Paulo pada Sabtu (26/9) lalu, usai menjalani operasi pengangkatan batu kandung kemih. Presiden Brasil, Jair Bolsonaro keluar dari rumah sakit di Sao Paulo pada Sabtu (26/9) lalu, usai menjalani operasi pengangkatan batu kandung kemih. (AP/Eraldo Peres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro  keluar dari rumah sakit di Sao Paulo pada Sabtu (26/9) lalu, usai menjalani operasi pengangkatan batu kandung kemih. 

"Presiden keluar dari Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo sore ini pada pukul 13.30 (waktu setempat)," demikian pernyataan singkat dari Kementerian Komunikasi Brasil yang ditandatangani tim medis Bolsonaro, dikutip dari AFP.

Bolsonaro menjalani menjalani prosedur yang disebut cystolithotripsy endoskopic. Pria 65 tahun itu menjalani operasi invasif minimal dengan menggunakan laser untuk menghancurkan dan mengangkat batu kandung kemih.


Dokter mengatakan, operasi terhadap Bolsonaro berjalan sukses tanpa timbul risiko penyakit lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bolsonaro sudah menjalani sejumlah operasi, termasuk empat operasi pascapenikaman di kampanye presiden 2018.

Penikaman itu dilakukan oleh seseorang yang dinyatakan sakit jiwa, sebulan sebelum Bolsonaro terpilih.

Selain operasi kandung kemih, dia juga juga dinyatakan positif kasus Covid-19 pada Juli lalu, sehingga harus dikarantina selama tiga minggu.

Namun demikian, situasi itu tidak menghalangi Bolsonaro untuk mengatasi pandemi virus corona, yang menurutnya, menyebabkan kerusakan ekonomi yang lebih buruk daripada virus itu sendiri.

(thr/chs)

[Gambas:Video CNN]