Trump-Biden Akan Debat Perdana Bahas 6 Topik

The Guardian, CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 16:40 WIB
Debat putaran pertama antara calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden pada Selasa (29/9) membahas enam topik. Kandidat presiden AS Joe Biden dan Donald Trump akan bertemu dalam debat perdana. (Foto: AP/)
Jakarta, CNN Indonesia --

Debat putaran pertama antara calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden akan berlangsung pada Selasa (29/9) malam waktu setempat.

Debat akan dimulai pukul 21.00 hingga 22.30 malam waktu timur AS (ET), bertempat di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio, AS.

Debat yang diadakan di Ohio itu akan menjadi rangkaian proses kampanye jelang pemungutan suara pada 3 November mendatang. Ohio dipandang sebagai basis negara bagian yang solid bagi Partai Republik dengan kemenangan Trump pada 2016 lalu dengan perolehan delapan poin.


Baik Biden maupun Trump mengaku sangat menantikan debat yang akan berlangsung selama 90 menit tersebut.

Nantinya debat akan dibagi dalam enam segmen yang masing-masing berdurasi 15 menit. Secara keseluruhan, debat akan berjalan selama 90 menit tanpa jeda iklan, tanpa pidato pembukaan, dan pertanyaan pertama akan ditujukan kepada Trump.

Jurnalis Fox News, Chris Wallace ditunjuk sebagai moderator dalam debat perdana. Meski Fox News dinilai sebagai media yang berpihak pada Trump dalam peliputannya selama empat tahun terakhir, tapi Wallace dipandang sebagai jurnalis yang relatif independen dan tak berpihak.
 
Wallace mendapat pujian atas wawancaranya dengan Trump pada Juli lalu. Saat itu, dia menantang Trump terkait jumlah kematian akibat virus corona. Jelas, Wallace bukanlah favorit Trump.

Kemudian pada Kamis lalu, Trump mengklaim Wallace "dikendalikan oleh (sayap) kiri radikal".
 
Di tengah pencegahan penularan virus corona, maka podium akan ditempatkan terpisah lebih jauh dari biasanya dan tanpa jabat tangan antar kedua calon presiden. Menurut CNN, diperkirakan 60 hingga 70 orang akan hadir.

Mengutip The Guardian, topik-topik yang akan dibahas meliputi rekam jejak Biden dan Trump, Mahkamah Agung AS, pandemi Covid-19, ekonomi, ras dan kekerasan di kota, dan integritas pemilu.

ABC melaporkan, Biden mempersiapkan diri dengan mengadakan simulasi debat bersama penasihat kampanye sekaligus mantan penasihat umum Gedung Putih, Bob Bauer. Bauer mengadopsi gaya debat Trump di sesi latihan dengan Biden.

Sementara itu, CBS News melaporkan bahwa Trump menggunakan kartu flash dan video untuk mempersiapkan diri dan menghindari latihan debat secara tradisional.
 
Pada Minggu (27/9), Trump mengatakan jika Rudy Giuliani dan mantan Gubernur New Jersey, Chris Christie, telah membantunya mempersiapkan diri menghadapi debat perdana. Para pembantu Trump juga mengklaim sudah mempelajari kebiasaan debat Biden dan pihaknya sudah menyiapkan "gudang" materi yang siap digunakan Trump.

(ans/evn)

[Gambas:Video CNN]