Joe Biden-Kamala Harris Ungkap Pajak Jelang Debat Pilpres AS

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 04:15 WIB
Capres dan Cawapres dari Partai Demokrat AS, Joe Biden dan Kamala Harris, membeberkan jumlah pajak penghasilan menjelang debat perdana Pilpres 2020. Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Partai Demokrat AS, Joe Biden dan Kamala Harris. Keduanya membeberkan jumlah pajak penghasilan menjelang debat perdana Pilpres 2020. (AP/Carolyn Kaster)
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden dan Kamala Harris, membeberkan jumlah pajak penghasilan masing-masing, menjelang debat perdana Pemilihan Presiden AS 2020 menghadapi calon petahana, Donald Trump dan Mike Pence.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (30/9), langkah Biden itu diduga dilakukan untuk menyindir Trump yang diusung Partai Republik, karena dilaporkan memanipulasi jumlah pajak.

Biden membeberkan pajak penghasilannya dengan sang istri, Jill. Keduanya membayar pajak hampir USD300 ribu (sekitar Rp4.4 miliar) pada tahun lalu.


Dari jumlah itu, nilai pajak pribadi yang dibayarkan Joe Biden sebesar USD288 ribu (sekitar Rp4.2 miliar).

Sedangkan jumlah penghasilan Biden dan istri yang terkena pajak pada 2019 sebesar USD 944.737 (sekitar lebih dari Rp14 miliar).

Harris dan suaminya, Doug Emhoff, juga membuka data pajak penghasilan yang mereka bayarkan tahun lalu. Keduanya menyatakan membayar pajak penghasilan pribadi sebesar USD1.05 juta (sekitar Rp 15.6 miliar).

Sementara jumlah pajak federal yang dibayarkan pasangan suami istri itu pada 2019 mencapai USD1.19 juta (sekitar Rp17.6 miliar).

Jumlah penghasilan Harris dan Doug pada 2019 tercatat mencapai USD3.02 juta (hampir Rp45 miliar).

Laporan dugaan manipulasi pajak yang dilakukan diulas oleh surat kabar The New York Times pada Selasa (29/9) kemarin. Mereka menyatakan pada 2016 ketika mencalonkan diri sebagai calon presiden, Trump dilaporkan hanya membayar pajak sebesar USD750 (sekitar Rp11 juta).

Di tahun berikutnya setelah menjabat, jumlah pajak yang dibayarkan Trump tetap sama.

Dari hasil penelusuran The New York Times, Trump tidak membayar pajak federal selama sepuluh tahun.

Menanggapi laporan itu, Trump menyatakan hasil reportase itu sebagai berita palsu. Namun, dia tetap tidak mau memenuhi permintaan untuk membuka data pajak.

Infografis Fakta Debat Perdana Trump-Biden

Biden dan Trump akan menjalani putaran pertama debat capres, yang rencananya akan digelar di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio.

Keduanya akan membahas banyak persoalan AS, tetapi dugaan manipulasi pajak itu nampaknya bakal diungkit dalam debat.

Topik-topik yang akan disajikan dalam debat meliputi rekam jejak Biden dan Trump, Mahkamah Agung AS, pandemi Covid-19, ekonomi, ras dan kekerasan di kota, dan integritas pemilu.

(Associated Press/ayp)

[Gambas:Video CNN]