Trump Mengaku Tak Akan Akui Hasil Pilpres jika Dimanipulasi

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 16:00 WIB
Calon presiden petahana Amerika Serikat Donald Trump dalam debat perdana pilpres mengaku tidak akan menerima hasil pemilu jika telah dimanipulasi. Capres petahana Donald Trump saat debat perdana pilpres Amerika Serikat. (AP/Julio Cortez
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon presiden petahana Amerika Serikat Donald Trump dalam debat perdana pilpres mengaku tidak akan menerima hasil pemilu jika telah dimanipulasi.

Hal tersebut dia ungkapkan untuk menjawab pertanyaan moderator debat, Chris Wallace. Chris bertanya apakah kedua calon bersedia mendesak para pendukung untuk tenang dari kontestasi hingga penghitungan.

"Maukah Anda mendesak para pendukung untuk tetap tenang selama periode yang diperpanjang ini untuk tidak terlibat dalam kerusuhan sipil dan berjanji malam ini bahwa Anda tidak akan mengumumkan kemenangan sampai pemilihan disertifikasi secara independen," tanya moderator Chris Wallace, Selasa malam (29/9) waktu setempat.


Trump menjawab dia akan mendesak para pendukungnya untuk pergi ke tempat pemungutan suara dan menonton dengan sangat hati-hati.

"Jika pemilihannya adil, saya 100 persen setuju. Tapi jika saya melihat puluhan ribu surat suara dimanipulasi, saya tidak bisa setuju," tutur Trump.

Dalam debat Trump terus menekan teori konspirasi yang tidak berdasar tentang pemilih yang memberikan suara melalui surat.

Sementara Biden menanggapi pertanyaan tersebut dengan lebih tenang. Dia bilang tidak akan menyatakan kemenangan sampai pemilihan benar-benar disahkan.

"Ini semua tentang mencoba menghalangi orang untuk memilih karena dia mencoba menakut-nakuti orang agar berpikir bahwa itu tidak akan sah," kata Biden.

"Muncul dan pilih lah. Anda akan menentukan hasil pemilihan ini," kata Biden.
 
Debat 90 menit ini berlangsung di Case Western Reserve University. Tema yang diangkat dalam debat yakni "Rekor Trump dan Biden," "Mahkamah Agung," "Covid-19," "ekonomi," "Isu rasial," dan "integritas pemilihan."

Setiap segmen debat berdurasi sekitar 15 menit. Tiap kandidat memiliki waktu dua menit untuk menjawab setelah moderator membuka setiap segmen dengan pertanyaan. 


(ndn/dea)

[Gambas:Video CNN]