Ledakan Dahsyat di Paris dari Sonic Boom, Kaca-kaca Bergetar

CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 08:31 WIB
Ledakan dahsyat yang sempat membuat panik warga Paris itu diketahui berasal dari dentuman sonik atau sonic boom jet tempur Rafale. Ilustrasi jet tempur Rafale melesat cepat hingga menimbulkan dentuman sonik. (Dmitry A. Mottl via WIkimedia Common)s
Jakarta, CNN Indonesia --

Suara ledakan dahsyat terdengar di Kota Paris, Prancis pada Rabu (30/9) dan membuat panik penduduk. Ledakan itu diketahui berasal dari dentuman sonik atau sonic boom jet tempur Rafale.

Pihak Militer mengatakan, jet itu tengah membantu pesawat penumpang yang kehilangan kontak radio. Rafale pun diizinkan untuk melesat dengan kecepatan supersonik.

"Suara yang sangat keras terdengar di seluruh Paris. Itu bukan ledakan, itu adalah jet tempur yang menembus penghalang suara," kata polisi Paris di Twitter.


Kebisingan terdengar di seluruh kota, bahkan hingga membuat kaca jendela gedung-gedung ikut bergetar.

"Jet Rafale melakukan intervensi untuk membantu sebuah pesawat yang kehilangan kontak, diberi wewenang untuk menembus penghalang suara untuk mencapai pesawat yang mengalami kesulitan," kata seorang juru bicara angkatan udara Prancis kepada AFP.

Kementerian pertahanan mengatakan Rafale membantu sebuah pesawat penumpang ERJ 145. Pesawat berkapasitas 50 kursi buatan Embraer Brasil itu terbang dari Brive di barat daya ke Saint-Brieuc di barat laut.

"Meski berada di ketinggian lebih dari 10.000 meter, kondisi atmosfer membuat ledakan supersonik sangat terasa di wilayah metropolitan Paris," katanya.

Akhirnya kontak radio kembali tersambung dengan pesawat penumpang itu. Pesawat tersebut berhasil mencapai tujuan, dan seluruh penumpang selamat.

Insiden itu sempat menyebabkan kebingungan dan membuat heboh jagat maya. Netizen mempertanyakan sumber ledakan dahsyat itu.

Ledakan juga sempat mengganggu jalannya turnamen tenis Prancis Terbuka di Roland Garros. Pemain bintang asal Swiss Stan Wawrinka dan lawannya dari Jerman Dominik Koepfer sempat berhenti karena kaget mendengar ledakan. Mereka khawatir saat suara bergema di sekitar stadion.

"Ya, saya mendengarnya. Saya agak khawatir karena saya pikir sesuatu yang buruk telah terjadi," kata bintang tenis Ukraina Elina Svitolina.

"Saya melihat ke kursi wasit. Dia juga sedikit terkejut karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi hari ini," katanya. "Itu sangat aneh, sangat keras, seperti sesuatu yang besar jatuh."

(dea)

[Gambas:Video CNN]