Kim Jong-un Bersyukur Tak Ada Virus Corona di Korut

CNN Indonesia | Senin, 12/10/2020 07:09 WIB
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyatakan bahwa tidak ada satupun orang di negerinya yang tertular virus corona. Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (AFP/JORGE SILVA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyatakan bahwa tidak ada satupun orang di negerinya yang tertular virus corona.

Hal tersebut diungkapkan Kim saat parade militer pada Sabtu (10/10).

Seperti dikutip dari AFP, kepada para hadirin Kim mengaku bersyukur tidak ada warganya terinfeksi Covid-19 yang telah melanda dunia sejak muncul di China akhir tahun lalu.


Untuk mencegah penyebaran corona, Korut sejak Januari lalu telah menutup perbatasan. Kim sempat dilaporkan memerintahkan aparat menembak siapa saja yang melintasi perbatasan dengan China untuk mencegah penyebaran corona.

Korut juga secara teratur menyampaikan tidak ada kasus Covid-19 yang terdeteksi di sana.

Meski demikian, media pemerintah terkesan menghindar pernyataan eksplisit mengenai hal itu dalam beberapa bulan terakhir. Mereka justru menekankan pentingnya upaya pencegahan.

Dalam kesempatan itu, Kim juga berharap para penderita virus corona di seluruh dunia diberi kesehatan yang baik.

"Saya berharap kesehatan yang baik untuk semua orang di seluruh dunia yang berjuang melawan penyakit dari virus jahat," kata Kim.

Dia sebelumnya juga mengirimkan doa agar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, lekas sembuh setelah terdeteksi terinfeksi virus corona.

Pemerintah Korut menyampaikan doa Kim Jong-un untuk Trump dan istrinya, Melania, melalui pernyataan resmi yang dilansir kantor berita resmi KCNA pada Jumat (2/10) lalu.

Saat ini virus corona telah menginfeksi 37 juta lebih orang di seluruh dunia. Berdasarkan data statistik Worldometer, hingga Senin (12/10), sebanyak 1.081.146 orang meninggal akibat Covid-19 dan 28.335.262 dinyatakan sembuh.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK