Trump Klaim Sudah Dites Negatif Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 12/10/2020 12:42 WIB
Presiden AS Donald Trump mengklaim telah diuji dengan hasil negatif Covid-19. Namun dia membeberkan hal itu tanpa memberikan bukti. Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (AFP/SAUL LOEB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim telah diuji dengan hasil negatif Covid-19. Namun dia membeberkan hal itu tanpa memberikan bukti.

Pada Minggu (11/10), Trump mengatakan kepada para pendukungnya melalui acara "Call to Prayer" bahwa dia siap untuk pergi ke Florida dan merasa sangat baik.

"Dan (virus) itu dibawa kepada kita oleh negara lain, oleh China, itu bukan kesalahan kita, itu adalah kesalahan negara lain, dan kita akan pergi, untuk menebusnya dengan berbagai cara," ujar Trump kepada pandukungnya melalui siaran Facebook.


 
Trump juga memuji keberhasilan pengobatan eksperimental yang diterimanya.
 
"Dan seperti yang mungkin Anda dengar, saya menerima obat tertentu, saya menyebutnya obat, karena menurut saya itu lebih dari apa pun, tapi saya menyebutnya sebagai penyembuhan," kata Trump.
 
"Apa yang telah kami lakukan dalam hal vaksin dan penyembuhan serta terapeutik dan semua hal itu benar-benar luar biasa, hal-hal yang tidak mungkin terjadi di bawah administrasi yang berbeda," ujarnya.
 


Trump menuturkan bahwa dia sedang berupaya untuk mendapatkan persetujuan dari FDA untuk menggunakan obat tersebut secara luas.
 
"FDA sangat fantastis, dan kami berusaha untuk mendapatkan obat yang saya ambil, terapi yang saya ambil. Sekarang kami mencoba untuk mendapatkan persetujuan itu melalui FDA," tutur dia.
 
"Saya baru saja berbicara dengan Stephen Hahn, kepala FDA dan kami ingin membawanya ke rumah sakit karena saya benar-benar percaya, ini adalah transfusi, saya sangat percaya bahwa itu akan menyelesaikan masalah banyak orang," kata Trump.
 


Sementara itu, kabar terbaru dari dokter yang menangani Trump, Sean Conley mengatakan Trump tidak lagi berisiko menularkan virus corona ke orang lain dan tidak ada lagi bukti replikasi virus secara aktif.
 
Namun pernyataan yang dikeluarkan pada Sabtu (10/10) malam itu tidak menyebutkan secara spesifik apakah Trump sudah dites kembali dan dinyatakan negatif Covid-19.
 
Dilansir CNN, Senin (12/10), Gedung Putih menolak berkomentar ketika dimintai klarifikasi atau jika ada kabar terbaru dari Sean Conley.

(ans/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK