Tes 7,5 Juta Orang, China Belum Temukan Tambahan Kasus Corona

CNN, CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 22:00 WIB
Pemerintah kota Qingdao, China menyatakan sejauh ini telah melakukan pengetesan virus corona terhadap 7,5 juta orang dan belum menemukan penambahan kasus baru. Pemerintah kota Qingdao, China telah mengetes corona 7,5 juta orang. (Foto: Ed JONES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah kota Qingdao, China menyatakan sejauh ini telah melakukan pengetesan virus corona terhadap lebih dari 7,5 juta warganya. Sejauh ini hasil tes belum menemukan penambahan kasus baru positif Covid-19.

Wakil direktur kota Qingdao, Chen Wansheng dalam konferensi pers, Rabu (14/10) mengatakan, saat ini telah melakukan pengetesan terhadap 7.502.720 orang.

Mengutip CNN, Chen mengatakan lebih dari 4 juta tes telah menunjukkan hasil negatif dan tidak menemukan kasus baru positif corona.


Pemerintah kota Qingdao menargetkan pengetesan terhadap 9,4 juta populasinya dalam lima hari sejak pertama kali mendeteksi kembali kasus pertama Covid-19 di rumah sakit pada Minggu (11/10).

Pengetesan massal dilakukan setelah kemunculan laporan tujuh kasus baru dengan enam diantaranya merupakan penularan lokal di Qingdao, timur provinsi Shandong.

Petugas kesehatan Qingdao dengan peralatan pelindung diri sejak Senin (12/10) mendirikan tenda untuk mengambil sampel di seluruh lingkungan tersebut. Para orang tua juga membawa anak-anak balita mereka untuk diuji.

Warga menuturkan di media sosial bahwa perwakilan komunitas memberi tahu mereka tentang tempat pengujian terdekat, daerah setempat turut membantu mengatur pengumpulan sampel untuk memudahkan pengujian massal.

"Pada pukul 8 pagi... kota kami telah mengambil 3,08 juta sampel untuk pengujian nukleik, dengan 1,11 juta hasil telah diterima," kata komisi kesehatan Qingdao dalam sebuah pernyataan seperti mengutip AFP, Selasa (13/10).

Partai Komunis China yang saat ini berkuasa sangat ingin menunjukkan kemampuannya dalam mengelola pandemi kepada warganya dan masyarakat global.

Negara tersebut telah bangkit kembali dari pandemi sejak virus corona pertama kali muncul akhir tahun lalu dan memaksa pihaknya memberlakukan penguncian. Hingga saat ini China melaporkan 90.858 kasus dengan 4.739 kematian.

(evn)

[Gambas:Video CNN]