Kilas Internasional

Thailand Darurat Demo hingga Corona RI Tertinggi di ASEAN

CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 06:35 WIB
Thailand tetapkan dekrit darurat usai digoyang demo hingga kasus Covid-19 Indonesia kembali tertinggi di Asia Tenggara, ramaikan berita internasional, Kamis. Thailand digoyang demo besar-besaran. (AP/Sakchai Lalit)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Kamis (15/10). Mulai dari Thailand tetapkan dekrit darurat usai digoyang demo hingga kasus Covid-19 Indonesia kembali tertinggi di Asia Tenggara.

1. Digoyang Demo Besar-besaran, Thailand Tetapkan Dekrit Darurat

Thailand mengumumkan dekrit keadaan darurat setelah demo besar-besaran terjadi di Bangkok.

Dekrit tersebut ditandatangani langsung oleh Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha. Dekrit melarang orang berkerumun karena sedang pandemi corona.


Di dalam dekrit, pemerintah menuduh banyak orang telah menghasut masyarakat untuk menyebabkan kekacauan di Bangkok.

"Ada perilaku yang mempengaruhi, dan ada alasan untuk percaya bahwa ada perilaku kekerasan yang mempengaruhi keamanan negara, keselamatan dalam hidup, atau aset rakyat dan negara," bunyi dekrit tersebut dilansir dari Nikkei Asia, Kamis (15/10).

2. Joe Biden Janji Angkat Pejabat Muslim Jika Lolos Pilpres AS

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, menjanjikan akan mengangkat penduduk Muslim di Negeri Paman Sam untuk mengabdi di pemerintahan jika dia terpilih.

"Jika terpilih, saya akan bekerja dengan kalian untuk menghilangkan racun kebencian dari tengah masyarakat, dan akan menghargai ide serta sumbangsih kalian. Pemerintahan saya akan menjadi Amerika seutuhnya, Muslim Amerika akan mengabdi segala tingkatan," kata Biden dalam rekaman video yang ditujukan untuk organisasi masyarakat Muslim Advocates, seperti dilansir Middle East Eye, Kamis (15/10).

Janji itu disampaikan Biden sebagai tanggapan atas kebijakan pesaingnya, Donald Trump, yang melarang warga dari sejumlah negara mayoritas Muslim untuk datang ke AS, yang diterapkan di masa awal pemerintahannya.

3. Kasus Covid-19 Indonesia Kembali Tertinggi di Asia Tenggara

Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia kembali menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia juga sudah melampaui Jerman.

Menurut data Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins yang dikutip CNNIndonesia.com, Kamis (15/10), jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 349.160 orang.

Dari jumlah tersebut, 12.268 pasien meninggal dan 273.661 orang dinyatakan sembuh.

Filipina menjadi negara kedua dengan kasus Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara dengan 348.698 orang, dan 6.497 pasien meninggal. Sementara itu jumlah pasien yang sembuh mencapai 294.161 orang.

(dea)

[Gambas:Video CNN]