Menlu Austria Alexander Schallenberg Positif Covid-19

CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2020 08:30 WIB
Status Alexander Schallenberg positif Covid-19 diumumkan Austria saat melaporkan update kasus harian. Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg. (AFP/LISI NIESNER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Austria, Alexander Schallenberg, positif Covid-19. Hal tersebut dikonfirmasi Kementerian Kesehatan Austria ketika melaporkan jumlah kasus harian baru infeksi virus corona pada Sabtu (17/10) waktu setempat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri mengungkapkan Schallenberg diduga terinfeksi virus corona ketika menjalani pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg pada Senin (12/10).

"Dia belum menunjukkan gejala sejauh ini," kata jubir Kemlu seperti dilansir AFP.


Alexander Schallenberg kini tengah mengisolasi diri sejak dinyatakan positif Covid-19. Ia juga telah membatalkan perjalanan kerja ke Inggris, Denmark, Yunani, dan Siprus yang direncanakan untuk beberapa hari mendatang.

Kondisi tersebut turut membuat seluruh anggota pemerintahan Kanselir Sebastian Kurz menjalani tes kesehatan.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan Austria, negara tersebut mencatat rekor harian tertinggi pada Sabtu (17/10) dengan 2.300 kasus. Austria dengan populasi 8,8 juta orang telah mencatat 882 kematian sejak pandemi Covid-19 dimulai beberapa bulan lalu.

Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg memperpanjang daftar petinggi dunia dan pemerintahan yang terinfeksi virus corona.

Petinggi negara dan pemerintahan lainnya yang sempat dinyatakan positif Covid-19 ialah Presiden Brasil Jair Bolsonaro dan Presiden AS Donald Trump yang sama-sama sempat menganggap remeh penyebaran virus corona.

Bolsonaro dikonfirmasi terinfeksi virus corona pada 7 Juli. Sedangkan Donald Trump pada 2 Oktober 2020 dan menyatakan sudah kebal dari Covid-19 pada 11 Oktober.

Selain mereka, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dikonfirmasi positif Covid-19 pada waktu yang berdekatan dengan sejumlah pejabat tinggi lainnya seperti Sekretaris Negara bidang Kesehatan Matt Hancock dan Menteri Kesehatan Nadine Dorries.

Istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga tidak luput dari serangan virus corona. PM Kanada Justin Trudeau langsung melakukan karantina mandiri di rumahnya ketika istrinya dikonfirmasi positif Covid-19.

Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Harir-chi, jadi salah satu pejabat tinggi negara yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona. Tes positif Harirchi untuk Covid-19 diumumkan sehari setelah dia ikut serta dalam konferensi pers, di mana dia sesekali batuk dan tampak berkeringat.

(chr/fea)

[Gambas:Video CNN]