Tiba di Indonesia, PM Jepang Temui Jokowi di Istana Bogor

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 15:05 WIB
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengunjungi Indonesia hari ini, Selasa (20/10) untuk bertemu Presiden Jokowi. PM Jepang Yoshihide Suga AFP/JIJI PRESS
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengunjungi Indonesia hari ini, Selasa (20/10) untuk bertemu Presiden Jokowi.

Dengan kunjungan ini, Suga menjadi kepala negara pertama yang berkunjung sejak Jokowi mengumumkan kasus corona di Indonesia.

Menurut laporan Associated Press, Suga telah tiba di Indonesia. Dia akan berada di Indonesia selama dua hari.


Sebelum mengunjungi Indonesia, Suga lebih dulu bertandang ke Vietnam. Dalam kunjungannya yang juga selama dua hari di sana, Suga mengatakan baik Vietnam dan Indonesia adalah kunci untuk mengejar visi "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka".

Jepang sendiri memang kerap mendorong anggota PBB Asia Tenggara untuk bekerja sama dalam mempromosikan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.
Negeri Matahari Terbit ingin menyampaikan narasi penghormatan terhadap sistem internasional berbasis aturan terkait laut.

Berbanding terbalik dengan China yang menolak dan terus menggaungkan klaim nine dash line miliknya atas Laut China Selatan.

Dalam kunjungan ke Indonesia, Suga diperkirakan membahas langkah-langkah menangani virus corona dan kemungkinan dukungan Jepang terhadap ekonomi Indonesia yang turut kena imbas karena pandemi.

Jepang berharap untuk memperdalam dan memperkuat hubungan pertahanannya dengan Indonesia, mempromosikan alutsista, hingga perjanjian transfer teknologi.

Usai upacara penyambutan dan penanaman pohon di Istana Kepresidenan Bogor, Suga akan bertemu dengan Jokowi.

Kemudian pada Rabu (21/10) ia dijadwalkan bertemu orang-orang yang terkait dengan perusahaan Jepang serta meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata sebelum kembali ke Tokyo.

(ndn/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK