Ilmuwan AS Tepis Serangan Trump, Tak Peduli dan Fokus Bekerja

CNN, CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 22:35 WIB
Ahli penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci menepis serangan Presiden Donald Trump terhadap dirinya. Ia mengaku tak peduli dan hanya akan fokus bekerja. Ahli penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci (tengah). (Foto: AP/Alex Brandon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli penyakit menular Dr. Anthony Fauci menepis serangan yang disampaikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap dirinya. Fauci menyebut jika ucapannya Trump sebagai 'gangguan' dan ia hanya akan fokus pada pekerjaannya.

Alih-alih menyerang balik, Fauci malah mengutip ucapan dalam film kriminal populer pada 1972, 'The Godfather'. Ia mengatakan jika ia tidak memedulikan serangan yang disampaikan Trump terhadap dirinya.

"Itulah satu-satunya hal yang benar-benar saya pedulikan. Hal-hal lain itu seperti di 'The Godfather'-'tidak ada yang pribadi, hanya bisnis', sejauh yang saya ketahui," kata Fauci dalam sebuah wawancara dengan radio KNX di Los Angeles.


Ketika disinggung soal apakah ia pernah merasa ingin meninggalkan tugasnya di Gedung Putih karena serangan Trump, ia mengatakan tidak pernah menganggap hal itu sebagai urusan pribadi.

"Itu tergantung jika Anda menganggapnya pribadi. Saya fokus sepenuhnya pada kesehatan dan kesejahteraan rakyat negara ini. Itulah yang saya dedikasikan selama 50 tahun dalam karir saya," ucapnya.

"Saya hanya ingin melakukan pekerjaan saya dan menjaga rakyat negeri ini. Hanya itu yang ingin saya lakukan."

Mengutip CNN, Fauci menolak mengomentari klaim Trump di hadapan pendukungnya yang menyebut jika orang Amerika saat ini sudah lelah mendengar tentang pandemi virus corona. Trump juga secara blak-blakan mengkritik Fauci dan menyebutnya sebagai 'bencana'.

"Saya lebih suka untuk tidak mengomentari itu dan melanjutkan apa yang sebenarnya kami coba lakukan," kata Fauci.

Lebih lanjut Fauci menerangkan jika saat ini ia dan tim ilmuwan AS tengah berupaya untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keselamatan di tengah ancaman meningkatnya kasus Covid-19.

"Banyak, banyak negara bagian yang tadinya cukup baik sekarang menunjukkan peningkatan. Itulah yang harus kami fokuskan. Semua hal lain itu adalah gangguan dan saya benar-benar lebih suka menjauh dari itu," jelasnya.

Di hadapan pendukungnya, Trump pada Senin (19/10) mengecam upaya Fauci dan tim terkait penanganan pandemi Covid-19. Trump menyalahkan Fauci dan 'semua idiot' dengan menyebut jika orang Amerika telah lelah mendengar tentang pandemi.

"Orang-orang bosan dengan Covid. Saya memiliki aksi unjuk rasa besar untuk ini," kata Trump.

"Orang-orang berkata, "Terserah, tinggalkan kami sendiri". Mereka bosan. Orang-orang lelah mendengar Fauci dan semua orang idiot ini.. Fauci adalah orang yang baik. Dia sudah di sini selama 500 tahun."

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK