Bersepeda Tanpa Hijab, Wanita Iran Ditangkap

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 09:00 WIB
Seorang perempuan di Iran ditangkap ketika bersepeda tanpa mengenakan hijab. Ilustrasi. (Foto: STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang perempuan di Iran ditangkap setelah bersepeda tanpa mengenakan hijab. Video yang beredar di media sosial mengatakan sikap perempuan tersebut 'menghina Islam'.

"Seseorang yang baru-baru ini melanggar norma dan menghina hijab di wilayah ini telah ditangkap," kata Gubernur Najafabad, Mojataba Raei kepada kantor berita IRNA.

Dalam video pendek yang beredar Senin (20/10) di media sosial, seorang perempuan yang identitasnya tidak diungkap itu tampak berambut panjang tengah bersepeda melintasi depan masjid.


IRNA mengatakan video perempuan yang bersepeda tanpa hijab dan cadar melintasi alun-alun dan masjid agung telah memicu protes dari warga dan ulama di Najafabad.

"Motifnya melakukan tindakan ini sedang diselidiki," ujar Raei.

"Penduduk kota ini berunjuk rasa setelah ada pelanggaran norma yang belum pernah terjadi sebelumnya," ucapnya menambahkan.

Hukum Islam yang berlaku Iran sejak revolusi 1979 mengharuskan perempuan mengenakan hijab hingga menutup bagian kepala dan leher.

Namun dalam dua dekade terakhir, banyak perempuan telah menentang penggunaan hijab dan cadar. Perempuan di Teheran dan kota-kota besar lainnya hanya mengenakan pashmina.

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK