Menkes Brasil Terinfeksi Covid-19

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 17:04 WIB
Menteri Kesehatan Brasil, Eduardo Pazuello, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Menteri Kesehatan Brasil, Eduardo Pazuello. Dia dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). (AFP/EVARISTO SA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Brasil, Eduardo Pazuello, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Dilansir CNN, Kamis (22/10), Kementerian Kesehatan Brasil mengatakan pada hari Rabu (21/10) kemarin bahwa Pazuello kini tengah menjalani isolasi di rumahnya.

Pazuello adalah seorang jenderal di Angkatan Darat Brasil. Dia merupakan Menkes ketiga yang ditunjuk oleh Presiden Jair Bolsonaro semasa pandemi.


Dua Menkes sebelumnya telah didepak oleh Bolsonaro karena dianggap tidak becus menangani pandemi yang terus berkecamuk di Negeri Samba.

Setidaknya hingga saat ini tercatat ada 12 anggota kabinet Brasil yang terinfeksi corona, termasuk Bolsonaro.

Menurut Kementerian Kesehatan Brasil, Pazuello mengalami demam awal pekan ini. Ia membatalkan pertemuan langsung dengan anggota parlemen pada Selasa (20/10) lalu.

Ia pun harus menggelar pertemuan secara virtual dengan gubernur dari hotel di Brasilia yang menjadi tempat tinggalnya.

Brasil menjadi negara di kawasan Amerika Latin yang paling parah terdampak pandemi. Lebih dari 5,2 juta penduduk Brasil telah terinfeksi dan setidaknya 154 ribu pasien meninggal akibat Covid-19.

Jumlah kumulatif itu merupakan yang tertinggi ketiga di dunia dan jumlah kematian di sana paling tinggi dari seluruh negara di dunia, menurut laporan CNN.

Bolsonaro juga banyak dikritik di luar negeri karena sikapnya dalam menghadapi pandemi. Dia berulang kali menegaskan bahwa kelaparan dan pengangguran yang disebabkan oleh kebijakan pembatasan sosial bisa lebih berbahaya daripada virus corona.

Dia juga mendukung penggunaan obat malaria hydroxychloroquine, meski belum terbukti efektif memerangi virus corona.

(ndn/ayp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK