DEBAT TERAKHIR CAPRES AS

Kematian Covid Tinggi, Biden Sebut Trump Tak Pantas Pimpin AS

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 08:50 WIB
Capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden menyebut pihak yang bertanggung jawab atas kematian covid di AS harusnya tak menjadi presiden. Donald Trump dan Joe Biden bertarung di debat capres terakhir. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden dalam debat capres AS terakhir menyebut siapa pun yang bertanggung jawab atas banyak kematian akibat covid-19 di AS tidak boleh menjadi presiden.

"Anda tidak mendengar apa-apa lagi yang akan saya katakan malam ini, dengarkan saja: Siapa pun yang bertanggung jawab atas banyak kematian ini, tidak boleh tetap menjadi presiden AS," kata Biden merujuk Trump yang dianggap tak bertanggung jawab atas pandemi Covid-19.

Biden membandingkan penanganan Trump dengan upaya yang ia lakukan selama ini dengan mendorong orang-orang memakai masker dan tes covid-19.

"Saya akan memastikan bahwa kami menetapkan standar nasional bagaimana membuka sekolah dan membuka usaha sehingga mereka bisa aman dan sumber daya keuangan untuk bisa melakukan itu," lanjut Biden.


Dia juga memperingatkan bahwa bagian terburuk dari virus mungkin saja belum tiba, dengan menyebut AS akan memasuki kegelapan dan Trump tidak memiliki rencana yang jelas bagi sebagian besar warga AS sebelum pertengahan tahun depan.

Isu covid-19 telah mendominasi topik dalam pemilu AS. Dari hasil jajak pendapat lembaga survei menyatakan persoalan covid-19 ini adalah masalah penting yang akan menentukan pilihan mereka pada 3 November mendatang.

(ans/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK