Biden ke Trump: Anda Belum Rilis Pajak, Sembunyikan Apa?

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 09:24 WIB
Capres AS Joe Biden menagih capres petahana Donald Trump menunjukkan bukti pembayaran pajak yang selama ini diduga disembunyikan. Capres AS Joe Biden menagih capres petahana Donald Trump menunjukkan bukti bayar pajak. (Foto: AP/)
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam debat capres AS terakhir menagih janji Donald Trump untuk merilis pembayaran pajak yang terus dijanjikan sejak beberapa tahun terakhir.

Biden menyebut bahwa Trump belum merilis setahun pun pembayaran pajak. Dia menuding capres petahana itu menyembunyikan sesuatu.

"Anda belum merilis satu tahun pun dari pengembalian pajak Anda. Apa yang kamu sembunyikan? Mengapa kamu tidak mau?" ucap Biden dalam debat terakhir yang disiarkan langsung dari Belmort University, Nashville pada Kamis (22/10) waktu setempat.


Lebih lanjut, Biden menyebut jika Trump tak ingin mempublikasikan pembayaran pajaknya, maka seharusnya ia tak menyinggung soal korupsi.

"Rilis pengembalian pajak Anda atau berhenti berbicara tentang korupsi," katanya.

Biden juga menyerang Trump lewat temuan New York Times baru-baru ini yang mengungkapkan bahwa Trump menyimpan rekening bank yang sebelumnya dirahasiakan di China.

Sebelumnya, The New York Times melaporkan pada hari Selasa (20/10), tudingan itu menjadi pukulan bagi Trump yang berupaya menggambarkan Biden sebagai antek China.

Analisis catatan pajak Trump oleh Times menunjukkan bahwa ia memiliki rekening bank yang sebelumnya tidak dilaporkan di China.

Rekening itu tidak dimasukkan dalam pengungkapan keuangan publik karena disimpan dengan nama perusahaan.

"Kami mengetahui bahwa Presiden ini membayar 50 kali lipat pajak di China (yang dia miliki di AS), memiliki rekening bank rahasia di China, berbisnis di China, dan berbicara tentang saya mengambil uang? Saya tidak pernah mengambil satu sen pun dari negara mana pun," tutur Biden.

(wel/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK