Mengulik Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia

CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 06:36 WIB
Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakukan di negara-negara dengan mayoritas Muslim saja, salah satunya yakni di Rusia. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW juga dirayakan di Rusia.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia --

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakukan di negara-negara dengan mayoritas Muslim saja. Salah satunya yakni di Rusia.

Setiap tahun, umat Muslim di Rusia diketahui juga membuat perayaan khusus sebagai peringatan akan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana dilansir Russkiymir News, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Rusia kerap dilakukan dengan acara doa bersama hingga membacakan salawat, tak jauh berbeda dengan negara lainnya.


Selain itu, dalam perayaan ini biasanya juga dimeriahkan dengan ragam acara. Mulai dari penampilan menyanyikan lagu religi, pameran gambar, simbol agama serta busana muslim.

Dalam acara itu, para seniman pun dapat memperagakan aksi seni kaligrafi Arab hingga seni Erbu atau melukis di atas air.

Tak jarang, perayaan itu juga menjadi ajang pengenalan beberapa organisasi Islam di Rusia.

Dirangkum dari berbagai sumber, umat Muslim di Rusia pun kerap menjadi momen ini sebagai sarana untuk mensyiarkan agama Islam ke kalangan non-muslim di Rusia.

Selain Rusia, beberapa negara lain di dunia yang ikut merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW yakni India, Palestina, Turki, Maroko, Brunei Darussalam, Malaysia, Mesir, Nigeria, Yordania, serta Sri Lanka.

Maulid Nabi adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, momen penting dalam kehidupan sang Rasulullah dan juga agama Islam. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi alam semesta.

Nabi Muhammad dilahirkan di Mekkah dari ibu bernama Aminah dan ayah bernama Abdullah. Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah atau peristiwa tentara bergajah yang menyerang Mekkah. Tahun Gajah bertepatan dengan tahun 571 dalam kalender Romawi.

(agn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK