Menlu AS ke Indonesia, Bahas Situasi Laut China Selatan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 11:49 WIB
Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo berkunjung ke Indonesia hari ini, membahas situasi terkini di Laut China Selatan bersama dengan Menlu RI Retno Marsudi Menlu AS Mike Pompeo dan Menlu RI Retno Marsudi membahas situasi di LCS. (dok. Kemlu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo membahas mengenai perlindungan Laut China Selatan (LCS) bersama dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Pembahasan tersebut terjadi di tengah kunjungan Pompeo ke Indonesia.

Retno mengatakan Indonesia tetap pada sikapnya yakni menolak berbagai klaim maritim di wilayah perairan tersebut.

"Kami membahas situasi di Laut Cina Selatan. Untuk Indonesia, Laut Cina Selatan harus dipertahankan sebagai tempat yang stabil dan damai laut," katanya.


Ia mengatakan konvensi III PBB tentang hukum laut atau The United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS 1982) merupakan acuan hukum yang harus diterapkan dan dihormati semua negara.

Belakangan, kondisi LCS tengah memanas, utamanya setelah China mengklaim sepihak hampir 90 persen wilayah perairan tersebut. Klaim itu bertentangan dengan wilayah kedaulatan sejumlah negara, seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, Taiwan, termasuk Indonesia sendiri.

"Oleh karena itu, klaim apa pun harus didasarkan tentang prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara universal termasuk UNCLOS 1982," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Retno juga mengatakan Indonesia-AS juga sepakat meningkatkan kerja sama bidang pertahanan. Ia mengungkapkan kerja sama itu ditandai dengan kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto ke Negeri Paman Sam beberapa pekan lalu.

"Menteri Pertahanan kami sudah mengunjungi AS bulan ini dan bertemu dengan berbagai mitra AS, termasuk Menteri Pertahanan AS," katanya.

Ia mengatakan dalam pertemuan tersebut mereka sepakat untuk meningkatkan kerja sama sektor pertahanan. Meliputi, memperkuat kemampuan pertahanan dan perlengkapan militer untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF).

Kedua negara juga sepakat melakukan sinergi dalam pelatihan, bidang intelijen, dan kerja sama keamanan maritim di kawasan regional. Sementara itu, Pompeo mengaku menyambut baik kerja sama tersebut.

"Kami berharap bisa berkolaborasi bersama untuk memastikan ketahanan dan perlindungan maritim," ucapnya.

Pompeo diketahui telah mengobarkan perlawanan terhadap China dalam berbagai hal, mulai dari perdagangan, keamanan, hingga pandemi covid-19.
Pada Juli lalu, AS menyatakan klaim China di Laut China Selatan sarat sengketa dan ilegal.

Pompeo rencananya akan melakukan kunjungan ke beberapa negara Asia selama satu pekan. Selain Indonesia, ia akan melakukan perjalanan ke India, Sri Lanka, Maladewa.

(ulf/stu)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK