Jokowi Sambut Pompeo, Menlu Retno Ingin AS jadi 'True Friend'

CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 12:35 WIB
Presiden Jokowi menyebut kedatangan Pompeo ke Indonesia sebagai bentuk betapa pentingnya kemitraan RI dan AS di tengah pandemi covid-19. Presiden Jokowi Menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo di Istana Bogor, 29 Oktober 2020 (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyebut kedatangan Menlu AS, Mike Pompeo ke Indonesia menunjukkan betapa pentingnya hubungan RI-AS selama masa pandemi covid-19.

"Saling kunjung antara pejabat kita cukup intensif bahkan dapat saya sampaikan paling intensif," kata Jokowi dalam cuplikan video yang diunggah Sekretariat Presiden di YouTube, Kamis (29/10).

Presiden Jokowi diketahui menyambut kedatangan Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10) pagi. Mike Pompeo datang menggunakan setelan hitam dengan dasi biru dan juga masker bercorak bendera AS beserta 50 bintang. Sementara itu, Presiden Jokowi mengenakan setelan abu-abu dengan masker hitam.


Jokowi langsung mengajak Pompeo menuju balkon Istana Bogor sambil berbincang-bincang. Jokowi dan Pompeo juga sempat melambaikan tangan ke kamera. Setelah itu, Jokowi beserta Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi tampak berdiskusi dengan Pompeo di Istana Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Menlu RI Retno Marsudi mengatakan intensitas saling kunjung antara pejabat Indonesia dan Amerika Serikat menunjukkan komitmen kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral. Menteri Retno juga menyatakan Presiden Jokowi menginginkan AS sebagai true friend of Indonesia atau teman yang sebenarnya.

"Di dalam pertemuan tadi Presiden mengatakan bahwa kita bermitra dengan baik, kita berteman dengan baik. Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia. Tetapi hal ini tidak bisa take it for granted semuanya harus dipelihara," kata Retno dalam keterangan pers usai pertemuan.

Retno mengatakan Presiden Jokowi dan Pompeo ingin memperkuat kerja sama ekonomi dan pertahanan.

Sementara itu, Mike Pompeo juga menyatakan tak hanya ingin menjalin hubungan baik pada tingkat pemerintah tapi juga menjalin komunikasi dengan grass root atau akar rumput. Pompeo direncanakan akan menghadiri acara GP Ansor.

"Mike pompeo mengatakan bahwa ingin tidak saja menjalin hubungan baik pada tingkat pemerintah tetapi juga menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan grass root dengan stakeholder di Indonesia. Oleh karena itu Mike Pompeo akan hadir di suatu acara GP Ansor," ungkap Retno.

(ptj/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK