Korsel Catat Kasus Covid di Atas 300 Dua Hari Berturut-turut

CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 09:45 WIB
Jumlah kasus harian virus corona di Korea Selatan terus bertambah di atas 300 selama dua hari berturut-turut pada Kamis (18/11) dengan 343 kasus baru Ilustrasi pandemi virus corona di Korea Selatan. (AP/Ahn Young-joon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah kasus harian virus corona di Korea Selatan terus bertambah di atas 300 selama dua hari berturut-turut pada Kamis (18/11) dengan 343 kasus baru.

Sebelumnya pada Rabu (17/11) Korsel mencatat 313 kasus baru.


Menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), 343 kasus tersebut termasuk 293 infeksi lokal, sehingga meningkatkan total kasus di negara itu menjadi 29.654.
 



Dilansir kantor berita Yonhap, beban kasus harian di Korsel telah bertahan di angka tiga digit sejak 8 November lalu, dengan melebihi 200 infeksi selama enam hari terakhir.
 
Klaster infeksi dari aktivitas pertemuan pribadi, fasilitas umum, dan rumah sakit terus terjadi di beberapa bagian negara, sehingga menempatkan upaya pencegahan dari otoritas kesehatan dalam bahaya.
 
Untuk mencegah gelombang infeksi lainnya, Korsel memberlakukan langkah-langkah pencegahan yang diperketat mulai Kamis di wilayah Seoul dan kota Gwangju, dengan menaikkan tingkat jarak sosial satu tingkat ke Level 1,5 di bawah skema lima tingkat.
 


Di kota pelabuhan Incheon sebelah barat Seoul, aturan jarak sosial Level 1,5 akan diterapkan mulai Senin. Sementara kota terpencil lainnya dengan jumlah infeksi yang kecil akan tetap berada di bawah Level 1.
 
Di bawah Level 1,5, warga masih diperbolehkan menjalankan sebagian besar rutinitas harian, tapi pelaku bisnis dan orang-orang diharuskan mengikuti peraturan kesehatan masyarakat yang ketat.
 
Di bawah Level 1,5 pula, fasilitas publik dengan risiko infeksi penularan lebih tinggi seperti bar, klub, dan konser dalam ruangan, diwajibkan menerapkan tindakan karantina yang lebih ketat, seperti membatasi jumlah orang yang masuk dan menjaga jarak antar kursi.
 
Hingga kini, Korsel melaporkan dua kematian tambahan akibat Covid-19 sehingga totalnya meningkat menjadi 498 kematian.
 


Namun, diprediksi akan ada lebih banyak kematian yang dilaporkan mengingat jumlah pasien Covid-19 yang sakit parah atau kritis mencapai 79 orang, naik 12 orang dari Rabu.
 
Sementara itu, jumlah orang yang dibebaskan dari karantina setelah dinyatakan pulih total mencapai 125 orang, sehingga meningkatkan jumlah orang yang pulih sebanyak 26.098.

(ans/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK