Australia: AS-China Jangan Paksa Negara Lain untuk Berpihak

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 16:47 WIB
Perdana Menteri Australia Scott Morrison memperingatkan Amerika Serikat dan China untuk tidak memaksa negara lain berpihak ke mereka. Perdana Menteri Australia Scott Morrison. (Nicholas Kamm / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Australia Scott Morrison memperingatkan Amerika Serikat dan China untuk tidak memaksa negara lain berpihak dalam persaingan kedua negara adidaya itu.

Morrison mengatakan persaingan antara China dan AS yang semakin ketat turut menimbulkan tekanan dan tantangan bagi negara lain, terutama di kawasan Indo-Pasifik.

"Seperti negara berdaulat lainnya di Indo-Pasifik, preferensi kami di Australia tidak dipaksa untuk memilih antara pilihan biner," kata Morrison dalam pidatonya dalam forum lembaga think tank yang berbasis di Inggris pada Senin (23/11) malam.


"Ruang lebih besar akan dibutuhkan bagi negara besar di dunia untuk mengakomodasi kepentingan individu, mitra, dan sekutu mereka. Kita semua membutuhkan lebih banyak ruang untuk bergerak," ujarnya menambahkan seperti dikutip Straits Times.

Australia adalah negara maju di kawasan Pasifik yang dinilai cukup bergantung pada China. Relasi kedua negara tengah memburuk setelah Beijing menuding Canberra merusak hubungan bilateral dengan sejumlah kebijakan permusuhan.

Beberapa kebijakan Australia yang dinilai China merusak relasi adalah keputusan Canberra menolak pembangunan jaringan telepon 5G oleh perusahaan teknologi Huawei Technologies Co yang tengah bermasalah dengan AS.

Australia juga bersama negara Barat lainnya mendesak penyelidikan sumber awal penyebaran virus corona (Covid-19) di China.

China bahkan menganggap Australia bertindak seperti anjing perintah Amerika Serikat dalam menyusun kebijakan luar negeri.

Morrison menolak anggapan bahwa Australia adalah boneka AS dan negaranya perlu memihak satu di antara kedua negara adidaya.

"Australia menginginkan hubungan terbuka, transparan, dan saling menguntungkan dengan China. Sama halnya, kami benar-benar berkomitmen terhadap aliansi abadi kami bersama AS, yang didasari oleh pandangan dan nilai demokrasi liberal dan model ekonomi berbasis pasar bebas," kata Morrison.

(rds/dea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK