KILAS INTERNASIONAL

Saudi Gratiskan Vaksin Covid-19 hingga China Jelajahi Palung

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 06:41 WIB
Arab Saudi berencana gratiskan vaksin corona untuk rakyat sampai kapal selam China capai dasar Palung Mariana. Ilustrasi ibadah umrah di Arab Saudi saat pandemi. (AFP/STR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (24/11). Mulai dari Arab Saudi berencana gratiskan vaksin corona untuk rakyat sampai kapal selam China capai dasar Palung Mariana. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Arab Saudi Bakal Gratiskan Vaksin Corona

Kementerian Kesehatan Arab Saudi berencana menggratiskan vaksin virus corona (Covid-19), bagi 70 persen penduduk dan warga asing di negara itu yang belum terinfeksi.

Pemerintah Saudi berharap proses suntik vaksinasi akan mencapai target pada akhir 2021.


"Mereka yang belum dinyatakan positif Covid-19 akan diberi prioritas vaksinasi dalam beberapa bulan mendatang," kata Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit Kemenkes Saudi, dr. Abdullah Asiri, seperti dilansir Arab News, Selasa (24/11).

Asiri mengatakan pemerintah akan mengumumkan secara langsung jadwal kedatangan vaksin virus corona dalam beberapa pekan mendatang.

"Kerajaan akan berupaya menempuh dua jalur untuk mendapatkan vaksin, yaitu melalui COVAX, di mana G20 berperan dalam pembentukannya dan pendanaan," ujar Asiri.

"Arab Saudi akan mendapatkan vaksin dalam jumlah besar melalui fasilitas itu, dan kedua adalah mengontak langsung para perusahaan farmasi besar untuk menutupi jumlah yang tidak bisa diberikan oleh COVAX," lanjut Asiri.

Asisten Juru Bicara Menteri Kesehatan Saudi, dr. Muhammad Al-Abd Al-Aly, mengatakan mereka hanya akan menyediakan vaksin Covid-19 yang terbukti efektif melawan virus, tidak mempunyai efek samping dan disetujui oleh lembaga yang berwenang menerbitkan lisensi.

[Gambas:Video CNN]


2. Michigan Sahkan Kemenangan Biden, Menutup Jalan Trump

Dewan pemilihan Michigan, Amerika Serikat secara resmi mengesahkan kemenangan Joe Biden pada Senin (23/11), menutup jalan bagi Donald Trump yang berusaha menentang kekalahan.

Seperti dikutip dari AFP, Dewan menyatakan Biden meraih hampir 156.000 suara, unggul atas Trump.

Pengesahan tersebut kemungkinan akan mengakhiri upaya Trump untuk membalikkan hasil di Michigan, salah satu negara bagian yang harus ia kuasai untuk memenangkan pemilihan.

Sekretaris Negara Michigan Jocelyn Benson mengatakan keputusan dewan, yang terdiri dari dua Demokrat dan dua Republik, menegaskan bahwa pemilihan dilaksanakan secara adil dan aman. "Dan hasilnya secara akurat mencerminkan para pemilih."

[Gambas:Video CNN]


3. Kapal Selam China Berhasil Capai Palung Laut Terdalam Bumi

Kapal selam berawak baru China, Fendouzhe atau Striver, berhasil mencapai dasar Palung Mariana, palung laut terdalam di dunia, pada Jumat pekan lalu.

China menyiarkan langsung momen bersejarah itu melalui stasiun televisi negara CCTV. Fendouzhe yang berisikan tiga kru kapal berhasil turun lebih dari 10 kilometer ke dalam palung laut yang terletak di Samudra Pasifik itu.

Rekaman gambar dari kamera laut yang terpasang memperlihatkan kapal selam berwarna hijau dan putih bergerak turun ke dasar laut secara perlahan dikelilingi pemandangan gelap dan awan sedimen hingga akhirnya mendarat di dasar laut.

Tekanan air di dasar palung mencapai delapan ton per inci persegi atau sekitar seribu kali tekanan atmosfer di permukaan laut. Meski begitu, para ilmuwan dalam kapal selam mengatakan menemukan banyak kehidupan yang berada di dasar palung yang gelap dan dingin tersebut.

Sejauh ini, hanya segelintir orang yang pernah mencapai dasar Palung Mariana, cekungan berbentuk bulan sabit di dasar bumi yang memiliki tinggi lebih dari Gunung Everest dengan panjang lebih dari 2.550 kilometer.

Pada 1960 penjelajah pertama berhasil mencapai Palung Mariana. Sejak itu tidak ada misi serupa lagi sampai akhirnya sutradara Hollywood James Cameroon melakukan ekspedisi solo pertama ke dasar Mariana pada 2012 lalu.

Fendouzhe telah melakukan beberapa kali penyelaman. Awal November, kapal itu mencetak rekor nasional dengan berhasil turun ke dasar Palung Challenger Deep sedalam 10.909 meter. Pada tahun 2019, penjelajah Amerika Serikat juga berhasil turun ke dasar Palung Challenger Deep sedalam 10.927 meter.

(ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK