Selandia Baru Buka Travel Bubble dengan Australia April 2021

CNN Indonesia | Senin, 14/12/2020 11:35 WIB
Selandia Baru berencana membuka gelembung perjalanan (travel bubble) dengan Australia mulai April 2021 yang tidak mengharuskan karantina selama dua minggu. Selandia Baru membuka kembali travel bubble dengan Australia pada April 2021. (Foto: AP/Mark Baker)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selandia Baru berencana untuk membuka gelembung perjalanan (travel bubble) dengan Australia pada April 2021. Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan saat ini pihaknya sedang menyelesaikan langkah-langkah perbatasan anti virus corona yang diperlukan.

Ardern menegaskan jika kabinet Selandia Baru telah menyetujui rencana pembukaan perjalanan trans-Tasman pada kuartal pertama 2021.

Rencana pembukaan perjalanan bagi turis asal Australia akan dilakukan jika tidak ada wabah virus besar di kedua negara.


"Ini adalah niat kami untuk menyebutkan tanggal dimulainya perjalanan trans-Tasman bebas karantina di tahun baru, setelah detail terkait lockdown," kata Ardern kepada awak media, Senin (14/12) seperti mengutip AFP.

Selandia Baru telah menghentikan kedatangan internasional dengan menutup perbatasan mulai Maret lalu. Semua kedatangan asing harus melalui isolasi selama dua pekan.

Ardern mengatakan dia tidak akan mengambil risiko yang tidak perlu diambil untuk membuka kembali perjalanan dengan Australia. Padahal sebelum pandemi turis asal Australia menjadi sumber pengunjung asing terbesar bagi Selandia Baru.

Lebih lanjut Ardern mengatakan pembukaan kembali perjalanan dengan Australia dengan pertimbangan utama terkait cara mencegah fasilitas perbatasan dibanjiri kedatangan asing. Terutama jika ada wabah virus corona besar di Australia yang mendorong ribuan orang Selandia Baru yang tengah berada di sana untuk pulang.

"Ini bukan hipotesis-ada beberapa (wabah di Australia. Kami perlu membuat pengaturan agar ribuan orang Selandia Baru berpotensi dibawa kembali dalam jumlah yang belum tentu dapat kami tangani dalam isolasi yang terkelola," ujar Ardern.

Di sisi lain, Australia sudah lebih dulu membuka perjalanan bagi turis Selandia Baru tanpa perlu melakukan karantina sejak Oktober lalu. Namun Selandia Baru belum memberlakukan kebijakan serupa dan tetap mengharuskan karantina selama 14 hari bagi turis Australia.

Selain berencana memberlakukan travel bubble dengan Australia, Selandia Baru juga mengumumkan rencana serupa pada kuartal pertama 2021 dengan Cook Islands, pulau kecil di Pasifik.

Selandia Baru selama ini menuai pujian karena dianggap berhasil menekan penyebaran virus corona dengan memberlakukan lockdown ketat. Pemerintah Negeri Kiwi kini telah mencabut aturan jaga jarak dan keharusan mengenakan masker di tempat umum.

(AFP/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK