Jerman Akan Mulai Program Vaksinasi Corona pada 27 Desember

CNN Indonesia | Kamis, 17/12/2020 04:32 WIB
Jerman akan memulai program vaksinasi virus corona pada 27 Desember mendatang. Program juga akan dilaksanakan 27 negara anggota Uni Eropa lainnya. Jerman akan mulai program vaksinasi corona pada 27 Desember mendatang. Ilustrasi. (Kay Nietfeld/dpa via AP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Jerman akan mulai pelaksanaan program vaksinasi virus corona pada 27 Desember. Menteri Kesehatan Jens Spahn mengumumkan sasaran utama program tersebut adalah penghuni panti jompo.

Selain Jerman, 27 negara Uni Eropa juga akan mulai program vaksinasi pada hari yang sama.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP, Kamis (17/12), 16 menteri kesehatan negara di kawasan itu mengatakan Spahn telah memberi persetujuan yang diharapkan untuk melaksanakan program tersebut. Dengan itu, pasokan vaksin BioNTech diharapkan segera didistribusikan sehingga vaksinasi bisa segera dilakukan.


Karena Jerman memegang jabatan presiden bergilir UE, itu bisa berarti 27 Desember akan menjadi tanggal mulai bagi semua negara anggota.

Sementara itu Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan Prancis dapat memulai vaksinasi pada minggu terakhir bulan Desember setelah semua persyaratan terpenuhi.

Sementara itu Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan semua negara di blok tersebut dapat memulai pada hari yang sama setelah vaksin Pfizer-BioNTech disetujui.

Komisi akan membuat keputusan terakhir tentang otorisasi setelah European Medicines Agency (EMA) bakal mengeluarkan putusan terakhirnya

"Sekarang diharapkan pada 21 Desember setelah jadwalnya diubah seminggu," katanya.

(AFP/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK