Lima Roket Hantam Pangkalan Militer AS di Afghanistan

CNN Indonesia | Sabtu, 19/12/2020 18:53 WIB
Pangkalan militer Amerika Serikat di Afghanistan menjadi target serangan roket pada Sabtu (19/12) waktu setempat. Ilustrasi. (Istockphoto/Aapsky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangkalan militer Amerika Serikat di Afghanistan menjadi target serangan roket pada Sabtu (19/12) waktu setempat.

"Sejumlah roket ditembakkan ke arah Pangkalan Udara Bagram pagi ini. Laporan awal menunjukkan tak ada korban dan pangkalan udara juga tidak rusak," ujar juru bicara kantor gubernur Provinsi Parwan, Waheeda Shahkar.

Shahkar kemudian mengatakan bahwa lima roket menghantam Pangkalan Udara Bagram sekitar pukul 06.00.


Menurut Shahkar, roket tersebut dilontarkan dari sebuah kendaraan. Di dalam kendaraan itu sebenarnya ada 12 roket, lima di antaranya ditembakkan, sementara 7 lainnya dijinakkan oleh kepolisian.

Hingga saat ini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun sebelumnya, kelompok militan ISIS mengklaim sejumlah serangan roket ke arah pangkalan militer itu pada April.

Selama beberapa bulan belakangan, ISIS juga mengklaim sebagai dalang di balik beberapa serangan di Kabul, termasuk tembakan roket ke arah perumahan di ibu kota Afghanistan itu.

ISIS juga mengklaim dua serangan terpisah di pusat pendidikan di Kabul yang menewaskan puluhan orang, kebanyakan anak-anak.

Dalam beberapa hari belakangan, anak-anak Afghanistan kerap menjadi korban berbagai konflik di negara tersebut.

Pada Jumat (18/12), 15 anak tewas akibat serangan ledakan motor di dekat tempat perkumpulan keagamaan di Provinsi Ghazni. Pejabat Afghanistan menuding Taliban sebagai dalang di balik serangan itu.

Taliban memang masih acap kali melakukan serangan di Afghanistan meski saat ini perundingan damai yang dimediasi oleh AS masih terus berlangsung.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK