Kapal Induk China Melintas, Taiwan Siagakan Armada Tempur

CNN Indonesia | Senin, 21/12/2020 14:15 WIB
Kapal induk China, Shandong, berlayar melewati Selat Taiwan untuk melakukan latihan di Laut China Selatan, Minggu (20/12). Kapal Induk China, Shandong. (AP/Li Gang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal induk China, Shandong, berlayar melewati Selat Taiwan untuk melakukan latihan di Laut China Selatan, Minggu (20/12).

Kedatangan armada perang China itu langsung direspons Taiwan dengan mengerahkan kapal perang dan pesawat.

Juru Bicara Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China Liu Wensheng mengatakan latihan lintas kawasan ini merupakan kegiatan rutin sesuai rencana tahunan. Menurut dia misi serupa akan terus dilakukan.


Seperti dikutip dari Xinhua, kapal Shandong telah ditugaskan selama setahun terakhir. Kapal induk buatan sendiri itu telah berhasil menyelesaikan berbagai tugas, termasuk lepas landas dan pendaratan pesawat berbasis kapal induk, penggunaan senjata serta pengujian sistem tempur.

Liu mengatakan bahwa latihan ini untuk meningkatkan kemampuan tempur kapal induk itu.

Sementara Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkapkan sekelompok kapal induk China itu melewati Selat Taiwan satu hari setelah kapal perang Amerika Serikat berlayar melalui jalur tersebut.

Kementerian mengatakan bahwa kapal-kapal itu berangkat dari kota Dalian di timur laut China pada Kamis dan berlayar melalui selat dari utara ke selatan pada Minggu.

Dilansir dari NHK, Taiwan mengatakan militernya mengirim kapal perang dan pesawat untuk berjaga dan memantau pergerakan kapal China.

Kementerian tersebut mengatakan kapal-kapal China dipimpin oleh kapal induk, Shandong.

Shandong merupakan kapal induk kedua China dan yang pertama dibangun di dalam negeri.

Pergerakan kapal induk ini terjadi pada saat Tiongkok meningkatkan aktivitas militer di wilayah dekat Taiwan, termasuk Selat Taiwan.

Sementara itu, Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak Armada ke-7, USS Mustin, melakukan transit rutin di Selat Taiwan pada hari Sabtu.

Media Taiwan mengatakan itu adalah misi ke-12 oleh Angkatan Laut AS tahun ini.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK