Trump Janjikan Transfer Kekuasaan 'Tertib' ke Biden

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jan 2021 16:24 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjanjikan untuk melakukan transfer kekuasaan secara 'tertib' menyusul pengukuhan kemenangan Joe Biden oleh Kongres. Presiden Donald Trump menjanjikan transfer kekuasaan yang 'tertib' kepada presiden terpilih Joe Biden. (Foto: ANGELA WEISS dan MANDEL NGAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjanjikan untuk melakukan transfer kekuasaan secara 'tertib' menyusul pengukuhan kemenangan Joe Biden oleh Kongres pada Rabu (6/1).

Kendati telah dinyatakan kalah dalam perolehan suara elektoral (electoral college), Trump mengklaim jika keputusannya itu 'mewakili akhir masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah presiden AS'.

"Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menujukkan kepada saya, namun akan ada transisi [kekuasaan] yang tertib pada 20 Januari," tulis Trump dalam sebuah pernyataan.


"Saya selalu mengatakan kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Meskipun ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi" klaim Trump seperti mengutip CNN.

Pernyataan Trump disampaikan setelah Kongres AS mengukuhkan kemenangan Joe Biden dalam perolehan suara elektoral.

Dalam perhitungan suara akhir, Biden mengantongi suara elektoral sebanyak 306, jauh melampaui ambang batas suara maksimal 270. Sementara rivalnya, Trump hanya mengantongi 232 suara elektoral.

Proses penghitungan suara elektoral sempat terhenti ketika massa endukung Trump menguasai Capitol Hill usai menggelar aksi demonstrasi berujung kericuhan.

Kerusuhan bermula ketika massa pendukung Trump menggelar demonstrasi di depan Gedung Kongres Capitol Hill ketika tengah melangsungkan penghitungan pemungutan suara elektoral (electoral vote) pemilu pada Rabu pukul 13.00 siang waktu setempat.

Massa pendukung Trump menerobos penghalang yang dipasang kepolisian di sepanjang kompleks Capitol Hill.

Kepolisian Washington D.C, Amerika Serikat, melaporkan setidaknya empat orang tewas dan setidaknya 52 orang ditangkap dalam kerusuhan di Capitol Hill.

(CNN/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER