Meski Ada Vaksin, WHO Sebut 'Herd Immunity' Tak Tercapai 2021

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 03:51 WIB
WHO pesimis kekebalan kelompok bisa tercipta meski program vaksinasi dilakukan sejumlah negara. WHO pesimis kekebalan kelompok atau herd immunity tercapai di 2021 meski ada vaksin virus corona (AFP/FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) PBB menyatakan kekebalan kelompok atau herd immunity tidak akan tercapai pada 2021 meski telah ada vaksin virus corona (Covid-19).

"Kita tidak akan mencapai kekebalan populasi atau kekebalan kelompok pada 2021," kata ilmuwan WHO Soumya Swaminathan mengutip AFP.

Soumya menekankan bahwa protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan ketat meski masyarakat sudah divaksinasi.


Menjaga jarak fisik, rajin mencuci tangan, serta selalu memakai masker adalah tindakan-tindakan prioritas yang tetap harus dilakukan sepanjang 2021.

Sejauh ini, kasus positif virus corona kembali naik tinggi di sejumlah negara di berbagai belahan dunia. Ditemukan pula varian virus corona baru dari Inggris yang disebut menular lebih cepat.

Berbagai kota di sejumlah negara sudah memberlakukan lockdown. Tentu demi menekan laju penularan virus corona.

Sejauh ini juga telah ada vaksin virus corona, antara lain Sinovac, Sinopharm, Pfizer BionTech, Astrazeneca dan seterusnya. Vaksin-vaksin tersebut diproduksi oleh perusahaan di beberapa negara.

Indonesia sendiri akan memulai vaksinasi pada 13 Januari mendatang. Vaksin Sinovac yang akan pertama kali digunakan. 

(AFP/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK