Malaysia Berencana Beli Vaksin Curah Sinovac

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 17:40 WIB
BUMN farmasi Malaysia akan membeli vaksin corona curah dari perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech. Ilustrasi vaksin corona buatan perusahaan farmasi China, Sinovac. (AP/Ng Han Guan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan farmasi milik negara Malaysia, Pharmaniaga Bhd., menandatangani perjanjian pembelian vaksin virus corona (Covid-19) curah dari perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech, Selasa (12/1).

Pharmaniaga menyatakan akan membeli vaksin corona curah sehingga proses pengepakan dan finalisasi vaksin akan dilakukan di Malaysia.

Pharmaniaga juga menuturkan mereka akan mencoba memproduksi vaksin di dalam negeri dengan lisensi dari Sinovac.


"(Pembelian vaksin) ini juga akan membantu Pharmaniaga dalam kemitraan jangka panjang, termasuk transfer teknologi untuk menumbuhkan sektor tersebut di Malaysia," kata perusahaan itu seperti dikutip Reuters.

Malaysia membeli 23,9 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac dan perusahaan farmasi lainnya asal China, CanSino Biologics. Selain dari China, Malaysia juga membidik vaksin Sputnik V yang dibuat Institut Gamaleya, Rusia.

Sejauh ini, negara Asia Tenggara itu juga telah memperoleh vaksin virus corona dari produsen AS dan Jerman Pfizer/BioNTech, serta perusahaan biofarmasi Inggris-Swedia, AstraZeneca PLC.

Selain Malaysia, vaksin Sinovac telah lebih dulu dibeli oleh Turki, Indonesia, Chile, Filipina, Brasil, dan Kamboja.

Sampai saat ini baru Turki, Indonesia, dan China yang telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau (emergency use authorization/ UEA) terhadap vaksin Sinovac.

(rds/ayp/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK